4 Ciri-ciri Busi Motor Paling Bagus dan Cocok Digunakan

4 Ciri-ciri Busi Motor Paling Bagus dan Cocok Digunakan

Busi adalah salah satu komponen mungil yang memiliki fungsi penting dalam proses pembakaran mesin kendaraan, baik itu motor maupun mobil. 

Apabila dirawat dengan baik dan benar, busi bisa bertahan lama dan mampu membuat kinerja mesin tetap optimal, sehingga menciptakan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Lalu, seperti apa ciri-ciri busi yang bagus untuk kendaraan kita? 

Busi Bagus dari Material yang Digunakan 

Beda material, beda pula kekuatan dari berbagai bahan busi yang digunakan. Namun, tiap busi memiliki kelebihannya masing-masing. 

Salah satunya adalah kekerasan dari bahan yang digunakan, tujuannya agar busi tersebut memiliki titik didih yang tinggi pada daya hantar listrik maupun daya tahan dalam pemakaian pada kendaraan.

Ciri-ciri busi bagus, bisa kita lihat dari materialnya. Umumnya, busi terbuat dari tembaga. Hanya saja, bahan tersebut memiliki daya didih yang sangat cepat, dan hanya mampu menahan panas sekitar 1.082 derajat celcius. Meskipun begitu busi dari material tembaga ini bisa dingin dengan cepat pada saat didiamkan.

Jika kalian bingung, kami merekomendasikan busi yang terbuat dari Nikel Alloy. Busi dari material ini terbilang lebih awet dibandingkan tembaga. Dan juga, memiliki titik didih sampai dengan kurang lebih 1.455 derajat celcius.

Selain daripada itu, busi dari Nikel Alloy juga memiliki daya tahan cukup bagus, yang mana bisa digunakan antara 20.000 km sampai dengan 40.000 km. 

Tapi tetap saja, tiap busi memiliki kegunaannya masing-masing. Contohnya busi Iridium, yang biasa digunakan untuk kebutuhan balap.

Ciri-ciri Kerusakan Mesin Karena Kondisi Busi

Setelah mengetahui seperti apa busi yang bagus itu. Kalian juga harus tahu ciri-ciri kerusakan mesin yang bisa diidentifikasi dari kondisi busi kendaraan yang kita gunakan.

Berdasarkan informasi yang beredar, cara paling mudah untuk mengetahui masalah pada mesin melalui kondisi busi ini sangat mudah.

Misalnya, jika terjadi kebocoran oli ruang pembakaran, maka busi akan terlihat basah karena oli, dan terdapat kotoran yang mengendap di kepalanya.

BACA JUGA: MENGENAL 5 TIPE-TIPE BUSI YANG BAIK UNTUK KENDARAAN KESAYANGAN

Selain itu, knalpot juga bakal mengeluarkan asap putih serta bau. Hal tersebut juga sering membuat busi jadi mati. 

Gejala kerusakan mesin lain yang bisa dilihat dari kondisi busi adalah kebocoran pada sistem pendingin. Kerusakan ini biasanya bisa dilihat dari busi yang bentuknya merah bata dan ada sedikit erosi atau mesin mengalami overheat.

Ciri-ciri Busi Tidak Dapat Digunakan

Ada beberapa hal yang harus kalian tahu terkait ciri-ciri busi yang tidak dapat digunakan. Pemakaian busi sendiri harus lebih cepat diganti apabila kendaraan yang kalian gunakan sering digunakan dalam performa tinggi.

Ciri busi tidak dapat digunakan isa kalian lihat sendiri baik melalui performa sepeda motor maupun pada fisik businya itu sendiri. Biasanya, kendaraan jadi sulit untuk dihidupkan, lalu bahan bakar juga lebih boros dari biasanya.

Sedangkan jika dilihat dari businya itu sendiri, terlihat dari ujung elektrodanya yang tipis atau sudah aus, serta ujung elektrodanya berwarna hitam. Kemudian, percikan bunga api juga sudah tidak biru lagi, melainkan kemerahan.

Itulah ciri-ciri busi yang bagus untuk kendaraan, terutama motor kalian. Busi iridium sendiri sudah banyak digunakan untuk skala umum karena perawatan dan bahannya yang mudah didapatkan. Iridum juga merupakan bahan besi yang memiliki titik didih panas yang tinggi.

Hingga 1.000 derajat celcius, bahan Iridium mampu menjaga konsistensi api yang baik untuk digunakan dan tersedia bagi kendaraan motor maupun mobil.

BUSI IRIDIUM DURATION dari TOP 1 merupakan salah satu tipe busi yang mampu menjaga pengapian mesin yang stabil dan aman dalam waktu yang lama. Tahan banting, kuat digunakan hingga waktu yang lama.

Bahan Iridum berkualitas berguna menjaga kinerja tetap stabil dan aman dalam waktu yang lama. Tentu sangat diperlukan bagi kamu yang ingin menjaga kendaraan tersayang tetap awet sepanjang hari.

Tunggu apalagi? Mulai beralih ke BUSI IRIDIUM DURATION dari TOP 1 sekarang dan rasakan manfaatnya!

Atau beli langsung cukup di rumah aja, kunjungi toko resmi TOP 1 di Shopee dan Tokopedia sekarang sob!

Ada banyak diskon, promo gratis ongkir, dan kualitas produk sudah dijamin asli!

Yuk, mulai beralih ke TOP 1 sekarang!

© PT Topindo Atlas Asia 2024