Rabu, 27 Februari 2019

4 Hal Yang Menjadi Pemicu Motor Mogok Ketika Menerobos Banjir

Saat hujan deras turun, tak jarang membuat kota terisolasi karena banjir. Hal itu tentu menjadi tantangan yang harus Anda hadapi saat akan bepergian. Anda pun terkadang  terpaksa menerjang banjir sehingga membuat motor Anda mogok.

Setidaknya, ada 4 hal yang menjadi pemicu motor mogok ketika menerobos banjir. Apa saja? Simak ulasannya.

Baca juga: TOP 1 Luncurkan 5 Oli Baru

  • Filter udara

Jika motor Anda mogok karena menerobos banjir, bisa jadi disebabkan oleh air yang masuk ke filter udara. Komponen ini bertugas menyuplai udara dari luar ke ruang pembakaran. Kondisi filter udara yang sudah tidak baik bisa mengakibatkan air masuk ke dalam ruang pembakaran. Kalau ruang pembakaran sudah terisi air, mesin motor akan mati.

  • Busi

Busi bertugas menyokong pengapian pada mesin. Posisinya yang rendah menyebabkan busi sangat mudah terisi air saat menerobos banjir. Kondisi busi yang tidak baik, misalnya ada sobekan, bisa berakibat pada pengapian yang tidak sempurna dan kepala busi menjadi basah terkena air. Jika kemasukan air maka tidak akan ada api di ruang pembakaran.

  • Knalpot

Bagian penting lain yang berpotensi menyebabkan motor Anda mogok saat menerobos banjir adalah knalpot. Bukaan gas yang tidak konstan ketika melewati genangan air mengakibatkan adanya air yang masuk ke dalam mesin melalui knalpot. Air biasanya masuk melalui lubang kecil dekat bagian silinder.

  • Oli

Jika oli mesin tercampur air, Anda bisa saja mengeluarkan airnya saja kemudian menggantinya dengan pelumas baru. Hal itu boleh saja dilakukan, tapi ternyata tak cukup hanya sekali lalu persoalan Anda selesai.

Setelah mengeluarkan air dan memasukkan oli baru akan ada proses penggantian oli berikutnya. Usai memasukkan oli baru, nyalakan mesin motor Anda selama 10 menit. Setelah oli bersirkulasi di dalam mesin untuk menarik air yang tersisa, kuras kembali oli di dalam mesin lalu masukkan kembali oli yang baru.

Baca juga: Follow akun Instgram TOP1 dan menangi GIVEAWAY!

Pastikan Anda menggunakan oli dengan kualitas terbaik. Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 secara resmi disetujui oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi sebagai oli standar pabrikan. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Rekomendasi untuk kamu:

Rabu, 27 Februari 2019
Newsletters