Kamis, 4 Maret 2021

4 Rekomendasi Oli Mesin Mobil Matic Untuk Tingkatkan Performa Kendaraan

Ketika ingin memilih oli untuk mobil matic, rasanya menjadi lebih penting untuk menentukan tipe-tipe oli terbaiknya agar transmisi kian halus.

Namun, apakah oli mobil matic memiliki tipe tersendiri? Atau semua mesin mobil bisa digunakan sama saja. Memang menjadi pertanyaan bagi sebagian orang, apalagi yang memiliki mobil untuk pertama kalinya.

Apakah ada oli khusus untuk mobil matic? Untuk itu, mari simak pembahasan berikutnya sob!

Perlukah Oli Untuk Mobil Matic?

Bagi mereka yang belum paham konsep oli di mobil tentu akan kebingungan dengan hal tersebut. Mungkin berkaca dengan konsep oli motor yang memang memiliki dua kode berbeda.

Bila kamu pemilik motor tentu paham kode JASO-MB dan JASO-MA2 yang memiliki perbedaan mencolok.

Tapi konsep kali ini sedikit berbeda meski dasarnya memang ada oli khusus mobil matic, tapi pada oli transmisi. Ya, oli matic atau manual akan berpusat pada oli transmisi yang nantinya digunakan untuk menjaga perpindahan gigi tetap mulus.

Pada oli mesin sendiri tidak ada hal yang berbeda melainkan perpindahan mesin baik torsi dan lain sebagainya. Jadi fokus utamanya adalah perpindahan mesin, sedangkan untuk transmisi ada letaknya tersendiri.

Jadi tidak perlu heran, karena kamu bisa menggunakan oli mesin mobil manapun untuk transmisi apapun. Asalkan, mobil tetap bensin, karena tipe diesel memiliki standar yang berbeda.

4 Rekomendasi Oli Mobil Matic

1. Oli TOP 1 Evolution

Rp 175.000 / liter

Pemilihan oli mobil matic yang disarankan untuk mobil keluaran terbaru adalah TOP 1 Evolution. Pelumas mesin satu ini sudah menggunakan kandungan oli full sintetis jadi kamu tidak usah ragu akan kualitasnya.

Tidak hanya itu, TOP 1 Evolution juga sudah memiliki teknologi Ester Fortified yang menempel erat kebagian mesin dalam waktu yang lama.

Jadi setiap gesekan komponen akan lebih minim, terlindungi sejak pertama kali mesin dinyalakan dan mampu menjaga kebersihan mesin.

Berbagai macam kotoran dalam mobil akan hilang karena oli satu ini mampu membersihkan bagian dalam mesin. Untuk seri TOP 1 Evolution ditujukan untuk mobil keluaran terbaru yang memiliki komponen padat.

Komposisi oli satu ini juga sudah full sintetis, seri viskositas oli ini juga sangat encer untuk mobil-mobil keluaran terbaru seperti seri 0W-20, 5W-30 atau 10W-40 dan 10W-30. 

2. Oli TOP 1 Zenzation

Rp 105.000 / liter

Seri kali ini adalah oli TOP 1 Zenzation yang cocok untuk menggedor kinerja mobil kesayangan kamu sob. Oli satu ini memiliki harga yang lebih murah karena bukan full sintetis.

TOP 1 selaku produsen tetap menghadirkan teknologi oli sintetis dengan sistem campuran bersama oli mineral atau bernama synthetic blend yang hadir dalam produk TOP 1 Zenzation.

Pelumas mesin satu ini sudah memiliki teknologi Ester Fortified untuk menempel ketat ke komponen kendaraan. Lalu teknologi Max TBN dan Euro Standard yang menjaga emisi mobil lebih ramah lingkungan.

Selain sehat untuk mobil, pelumas satu ini juga membuat gas buang lebih bersih sehingga sehat untuk lingkungan.

Untuk jenis dan spesifikasi sendiri tersedia untuk jajaran mobil terbaru hingga produksi menengah dalam viskositas 5W-30, 10W-40, dan 10W-30.

3. Oli TOP 1 HP Sport

Rp 72.500 - Rp 99.000 / liter

Banyak produk TOP 1 HP Sport juga bisa jadi solusi untuk menjadi pilihan oli mobil kesayangan kamu. Pelumas satu ini menjadi seri TOP 1 yang bisa menjadi pilihan utama karena mengandung formula sintetis.

Jadi ada serangkaian komposisi yang dibuat khusus untuk mobil kesayangan, namun tetap menjaga kinerja mobil tetap nyaman. 

Teknologi Stop-And-Go Formula yang terdapat di TOP 1 HP Sport mampu melindungi kinerja mobil agar tahan di stresnya jalanan meski mengalami proses berhenti dan jalan melalui macetnya perkotaan.

Serta kehadiran X-tra Clean Additives yang berfungsi menjaga kinerja mobil tetap bersih dalam waktu yang lama karena menjaga sisi dalam kendaraan tetap sehat.

Ada beberapa tipe viskositas oli di TOP 1 HP Sport yang cukup lengkap, seperti 0W-20, 10W-40, 15W-40, 5W-30, dan 20W-50.

4. Oli TOP 1 Mesin Diesel

Rp 67.000 - Rp 175.000 / liter

Berikutnya salah satu produk yang penting adalah menjaga kinerja mesin mobil diesel karena tidak semuanya menggunakan bensin. Memang salah satu ciri khas mesin diesel adalah kehadiran beberapa endapan dari solar.

Mesin diesel membutuhkan kode oli yang juga berbeda, seperti API-CJ untuk standarisasinya. Lantas, TOP 1 memiliki jajaran seri pelumas mesin diesel seperti TOP 1 HD, TOP 1 Zenzation Diesel, serta TOP 1 Evolution Diesel.

Fungsi dari seri diesel adalah menjaga endapan dan kebersihan ruang mesin yang mendapatkan endapan dalam jangka waktu pakai yang lama.

BACA JUGA: MENGENAL 5 TIPE-TIPE BUSI YANG BAIK UNTUK KENDARAAN KESAYANGAN

Pemilihan oli satu ini untuk mobil matic diesel kesayangan kamu akan nyaman dan aman digunakan, selalu perhatikan penggantian waktu yang tepat sehingga mampu menjaga kinerja mesin tetap berjalan optimal.

Mulai ganti oli mobil matic kamu dengan oli TOP 1 sekarang di bengkel-bengkel kesayangan!

Atau, kamu bisa langsung ganti oli kesayangan sendiri! Beli dengan mudah cukup di rumah aja lewat smartphone ke e-commerce Tokopedia dan Shopee resmi TOP 1 sekarang!

Belanja lebih mudah, tetap aman dan nyaman, serta produk dijamin asli! 

Oli Anda TOP 1 juga kan?

Rekomendasi untuk kamu: