5 Cara Mudah Menghilangkan Karat di Kolong Mobil

5 Cara Mudah Menghilangkan Karat di Kolong Mobil

Menghilangkan karat di kolong mobil mungkin masih jarang diketahui oleh para penggunanya. Karena bisa dibilang, kolong mobil adalah salah satu bagian yang jarang sekali dijamah. Kecuali pada saat memperbaiki beberapa masalah yang terjadi pada mobil saja.

Meskipun kolong mobil jarang dilihat oleh orang-orang. Tetap saja, kita sebagai pemilik mobil, harus rajin-rajin memperhatikan atau merawatnya agar tidak berkarat.

Setiap pabrikan mobil biasanya tidak pernah lalai untuk memberikan lapisan anti-karat di setiap kolong mobil yang diproduksi.

Pengaplikasian anti-karat pada kolong mobil ini dilakukan guna memberi perlindungan pada kolong mobil agar tidak korosi yang bisa menyerang kapan saja.

Lapisan anti-karat ini sangatlah bermanfaat bagi si pemilik mobil, terutama bagi kalian yang tinggal di kota yang berdekatan dengan pantai atau pesisir. Biasanya, pada kota pesisir memiliki kadar garam yang sangat tinggi di dalam airnya.

Hal tersebut akan menjadi salah satu penyebab utama dari kemunculan korosi di kolong mobil kalian. Dengan lapisan tersebut, kolong mobil akan jadi lebih tahan dari serangan karat maupun korosi.

Apabila kolong mobil kalian terlanjur terkena karat, pada kesempatan ini kami akan memberitahukan cara menghilangkan karat di kolong mobil untuk kalian coba. Apa saja?

1. Bersihkan Mobil dengan Cairan HF

Seandainya kotoran membandel menempel di kolong mobil kalian, seperti halnya tanah, pasir dan juga aspal.

Kalian bisa menggunakan Cairan HF. Cairan tersebut memiliki sifat yang cukup keras. Sehingga akan sangat tepat jika kita gunakan cairan tersebut untuk membersihkan kotoran di kolong mobil.

Ini adalah cara terbaik untuk menjaga kebersihan kolong mobil dari karat. Cara penggunaannya juga cukup mudah, kalian hanya perlu mencampurkannya dengan air. Perbandingan air dengan cairan HF, harus lebih banyak air.

Apabila perbandingan air lebih sedikit dari cairan HF, dikhawatirkan dapat berpotensi untuk merusak kulit tangan kita.

Jika kalian menggunakan anti-karat dan salah dalam menakar cairannya, bisa saja malah merusak anti-karat tersebut.

2. Beri Pelumas Bagian yang Rawan Karat

Karat ini kerap terjadi pada beberapa bagian mobil yang kurang terawat. Salah satunya karena jarang diberi pelumas.

Untuk menghilangkannya, kalian bisa memberi pelumas atau oli, dengan begitu masalah kalian terhadap karat yang membandel akan teratasi.

3. Manfaatkan Asam pada Cuka

Cuka ini selain termasuk kedalam bumbu dapur, ternyata bisa kita gunakan untuk menghilangkan karat di kolong mobil.

Untuk penerapannya juga tidak terlalu sulit. Caranya, kalian hanya perlu menggunakan sikat dan lap khusus. Kemudian, cuka tersebut dicampurkan sedikit air.

Asam sitrat atau asam asetat merupakan sebuah zat yang ampuh untuk menghilangkan karat.

BACA JUGA: 4 Gejala Injektor Mobil Rusak dan Penyebabnya

Apabila ada bagian mobil yang berkarat dan bisa dibongkar, kalian hanya perlu merendam bagian yang berkarat tersebut dengan air cukup selama 1 - 2 hari.

Apabila karat masih ada, kalian hanya perlu merendamnya lebih lama lagi, dengan begitu asam mendapat lebih banyak kesempatan untuk melakukan tugasnya tersebut.

4. Manfaatkan Air Lemon

Lemon atau jeruk nipis sendiri bekerja sangat baik untuk bekerja noda pada pakaian. Akan tetapi, ternyata lemon juga sangat efektif untuk menghilangkan karat pada logam jika dibiarkan bekerja untuk waktu yang cukup lama.

Tentu dengan adanya fakta tersebut, membuat lemon dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan karat di kolong mobil kita.

5. Menggunakan Baking Soda

Apabila kalian tidak memiliki lemon ataupun cuka. Kalian bisa menggunakan baking soda sebagai bahan lain untuk menetralisir karat di kolong mobil kalian. Baking soda sangatlah efektif untuk membersihkan karat mobil.

Caranya, kalian hanya perlu menyikat bagian yang berkarat tersebut menggunakan sikat atau lap khusus, yang sebelumnya sudah direndam ke dalam baking soda.

Dari 5 cara menghilangkan karat di kolong mobil di atas. Kalian bisa pilih salah satu, sesuai dengan perlengkapan atau bahan-bahan yang dimiliki.

Atau gunakan cairan penghilang karat atau perawatan besi agar lapisan terhindar dari potensi karat. Memang ada? Cairan apa yang bisa jadi solusinya?

TOP 1 RUST GUARD 80 bisa jadi solusi kamu yang ingin menghilangkan karat sekaligus menjaga permukaan mobil dari karat dan korosi!

Memiliki formula khusus, cairan penghilang karat ini efektif untuk kamu yang khawatir terkena karat di bagian kolong mobil.

Penggunaannya juga cukup mudah, cukup bersihkan permukaan lalu semprot secara berkala. Atau semprot dan diamkan bila memang permukaan sudah terkena karat, lalu sikat secara perlahan sob!

Mudahkan? Mending langsung buktikan formula TOP 1 RUST GUARD 80 yang bisa banget jaga kendaraan kamu dari karat.

Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia dan Shopee sekarang!

Banyak promo menarik, diskon besar-besaran, gratis ongkir. Hingga keaslian produk terjamin!

Sudah beralih ke TOP 1 belum?

© PT Topindo Atlas Asia 2024