Rabu, 15 Juli 2020

5 Cara Mudah dan Ampuh Membersihkan Karat di Mesin Mobil

Mesin mobil jadi komponen paling penting guna menjaga tarikan dan kendaraan tetap berfungsi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Tapi karat di mesin mobil bisa menjadi masalah baru bagi kamu!

Karat sendiri merupakan senyawa atau reaksi yang terjadi antara logam (Fe) dengan air (H2O) dan oksigen (O2). Efek ini membuat bahan logam menjadi terkikis dan kekuatan material menurun.

Penurunan durabilitas material dapat merusak isi atau komponen secara keseluruhan. Mobil sendiri memiliki mesin yang lebih kompleks, maka dari itu karat harus diperhatikan sedemikian sering.

Karat yang didiamkan terlalu lama akan membuat komponen rusak secara berkala. Bukan tidak mungkin, kamu akan keluar biaya lebih, sob!

Lantas, berikut 5 cara mudah dan ampuh untuk membersihkan karat di mesin mobil kesayangan kamu!

1. Cairan Pembersih Keramik

Pembersih keramik untuk karat? Tips ini bisa karena material metal yang menjadi media karat, sob! Kamu bisa menggunakan berbagai pilihan cairan pembersih keramik, namun harus menggunakan sarung tangan.

Cairan pembersih keramik yang keras akan bereaksi dengan karat dan memberikan efek pelepasan korosi. Selalu gunakan untuk bagian mesin mobil, karena cairan pembersih lantai dapat merusak kualitas cat mobil.

Untuk menggunakannya kamu hanya butuh membersihkan mesin hingga terlihat karat yang tersisa. Pastikan tidak ada kotoran, lumpur, atau debu yang tersisa di bagian mesin yang berkarat.

BACA JUGA: 5 Cara Mudah Menghilangkan Karat di Besi Motor

Tuangkan cairan pembersih lantai ke bagian mesin mobil yang berkarat lalu tunggu beberapa menit. Biarkan cairan pembersih melakukan reaksi kimia agar mampu mengikis karat.

Setelah menunggu untuk waktu yang cukup lama, kamu bisa membersihkannya dengan sikat.

Bilas dengan air dan ulangi bila perlu secara berkala agar karat hilang secara total dan menyeluruh.

2. Menggunakan Cuka

Cuka menjadi cairan yang kerap menghiasi restoran atau warung makan. Tapi siapa yang sangka cuka bisa membantu membersihkan karat?

Ternyata cuka berguna karena kandungan asamnya yaitu asam asetat atau asam sitrat yang mampu menghilangkan kerak di mesin mobil.

Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu dengan merendam mesin atau komponen mobil yang berkarat. Tapi ingat, jangan sampai mengenai bagian kelistrikan saat pembongkaran atau perendaman.

Karat akan mengelupas secara alami dengan cuka untuk waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 1-3 hari tergantung karatnya. Apakah karat dapat mengelupas sendiri atau butuh alat bantu?

Kekurangan dari metode ini adalah stok air cuka yang cukup banyak untuk proses perendaman serta prosesnya yang cukup lama.

3. Memakai Baking Soda

Bila cuka kerap menghiasi meja warung makan, kini baking soda yang mengisi komposisi kue dan pastry juga berguna untuk menghilangkan karat, lho!

Caranya? Bersihkan bagian mesin yang terkena karat secara teliti. Lalu rendam dengan baking soda untuk waktu yang lama dan diulangi secara berkala.

Zat kimia di baking soda dapat membuat bagian karat lebih mudah dibersihkan. Maka dari itu, gunakan sikat dan sabun sebagai cara pembersihannya pasca perendaman dengan air baking soda, sob!

Perendamannya juga cukup lama tergantung dari karat yang berada di bagian mesin.

4. Air Lemon dan Garam

Air perasan lemon juga berguna untuk mengikis karat dengan bantuan senyawa garam. Penggunaan metode ini bisa dibilang serupa dengan air cuka dan baking soda.

Karena proses pengikisan secara alamiah membutuhkan proses yang lama dengan perendaman berkala. Karat yang mengendap perlu dibersihkan terlebih dahulu lalu direndam.

BACA JUGA: 7 Masalah yang Terjadi Pada Rem Mobil dan Penyebabnya

Tuangkan garam di bagian karat secara merata lalu rendam di perasan air lemon. Diamkan beberapa saat hingga karat mulai rontok dan terlepas.

Bilas menggunakan air dan sikat menggunakan sabun agar proses pengikisan menjadi lebih cepat dan mudah. Selain lemon, kamu bisa menggunakan perasan air jeruk nipis.

5. Cairan Pembersih Karat

Dari 4 cara di atas yang dilakukan kerap membutuhkan waktu yang lama. Mengapa demikian? Karena peruntukkan tidak untuk membersihkan karat di mesin mobil.

Sebagai cara membersihkan karat ada baiknya menggunakan cairan yang dirancang khusus. Cairan pembersih karat memiliki senyawa yang baik untuk menghilangkan karat sekaligus membersihkan material mobil.

Pembersihan material mobil dibutuhkan untuk menjaga kondisi metal tetap terjaga dari kemungkinan munculnya karat. Lalu, cairan pembersih karat mana yang baik?

TOP 1 RUST GUARD 80 mampu melindungi, membersihkan, dan jadi solusi karat di mesin mobil kamu! Memiliki kandungan dan senyawa yang dirancang khusus untuk mengikis lapisan karat secara berkala.

Selain itu, kamu bisa mengaplikasikan cairan ini guna mencegah karat! Penggunaan yang mudah serta proses kimia yang lebih cepat dapat menghemat waktu kamu, lho!

Gunakan TOP 1 RUST GUARD 80 sekarang dan ucapkan selamat tinggal pada karat membandel di mesin mobil kamu!

Beli secara online di TOP 1 Store Tokopedia di sini! Ada banyak diskon menarik hingga 30%, kualitas produk terjamin dan nikmati promo gratis ongkos kirim!

Jadi, sudah pakai TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: