7 Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil yang Lengket

7 Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil yang Lengket

Rem cakram merupakan komponen vital untuk menunjang aktivitas saat berkendara. Ada berbagai tipe rem, namun bagian cakram memang menjadi lebih sering digunakan di kendaraan pribadi karena bobot kendaraan yang lebih ringan.

Motor dan mobil memiliki sistem rem cakram yang tinggi untuk menahan laju kendaraan, namun ada kendala lain bila acuh dalam menjaga rem kendaraan dari berbagai masalah.

Salah satu masalah yang kerap mendera rem cakram adalah sistem rem cakram yang lengket. Kendala ini kerap disebabkan oleh master rem yang macet. Hal ini juga diperparah dengan kondisi karet penahan debu yang mengalami kerusakan sehingga menyebabkan debu masuk.

Debu yang masuk akan bercampur dengan air dan menyebabkan karat bila sudah mengering. Efek domino akan menyerang komponen lain seperti piston rem atau pen kaliper kendaraan.

Kondisi piston cakram yang kotor akan menjadi penyebab utama mengapa rem cakram mobil menjadi lengket.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk memperbaiki rem cakram mobil yang lengket?

1. Ganti Komponen Baru

Pengecekan utama sekaligus pertama bisa langsung dengan penggantian onderdil atau komponen-komponen rem yang baru. Selain karena menjadi baru, komponen yang resmi akan membuat sistem rem yang lebih optimal.

Ada berbagai jenis komponen yang dipasarkan seperti silinder rem, kampas rem, cup krem, kaliper rem, master rem, dan lain sebagainya. Jadi mengganti komponen baru akan menghasilkan kinerja yang lebih optimal.

2. Bersihkan Komponen Secara Berkala

Komponen rem cakram mobil yang lengket disebabkan oleh sistem pengereman yang terganggu. Ada beberapa komponen asing yang membuat kinerja rem terhambat, yaitu debu dan air yang mengendap.

Endapan ini membuat karat dan merusak sistem pengereman kendaraan. Dengan membersihkan secara berkala, tentu kendaraan akan aman melakukan perjalanan yang jauh dan pastinya menggunakan air yang bersih.

3. Cek Kaliper Rem Cakram

Bila kondisi karat dan kotoran sudah hilang dari komponen rem, maka berikutnya adalah langkah pengecekan. Kaliper rem cakram bisa menjadi salah satu alasan mengapa rem cakram terhambat.

Fungsi komponen satu ini memang berada di dudukan piston rem yang berfungsi untuk memacu kerja maju dan mundur kendaraan. Bila komponen ini macet, maka dudukan piston akan kembali ke posisi semula.

BACA JUGA: 3 Perbedaan Oli Mesin Mobil dan Oli Diesel, Apa Saja Itu?

Pengecekannya pun mudah, cukup lepas kampas rem dan pasan kembali tanpa menggunakan kampas rem. Injak perlahan pedal rem hingga piston keluar, jika piston tidak dapat bergerak bebas maka bisa dipastikan ada kerusakan.

4. Dongkrak atau Bongkar Roda Kendaraan

Dongkrak bagian depan kendaraan dan pastikan kondisi handrem sudah ditarik dengan ban belakang yang diganjal. Rasakan apa terjadi sistem pengereman yang seret atau macet.

Bila rem cakram mobil lembut tanpa halangan, bisa dipastikan kondisi rem akan baik-baik saja.

5. Menguras Minyak Rem

Minyak rem bisa menjadi kendalanya karena endapan bisa bersumber dari mana saja, termasuk di dalam bagian mesin. Fungsi minyak rem adalah membalut kampas rem agar dapat bekerja dengan baik.

Bila komposisi minyak rem memang tidak baik, maka sebaiknya dikuras terlebih dahulu dan diganti dengan oli yang baru.

6. Pasang Ulang Komponen

Bongkar komponen kendaraan yang sudah dibersihkan lalu pasang kembali. Cara ini cukup efektif untuk melihat komponen rem mana saja yang terkena kotoran dan dapat dibersihkan secara menyeluruh.

7. Mengganti Minyak Rem

Cara yang tidak kalah efektif dengan pembersihan komponen adalah mengganti minyak rem secara berkala. Pelumas satu ini menjaga kinerja kendaraan dan pengereman agar bekerja dengan optimal.

Kebutuhan ini akan membawa kendaraan dalam kondisi yang stabil, bahkan ketika suhu mesin kendaraan berada di titik didih yang tinggi.

Minyak rem yang baru akan membuat kerja rem lebih optimal, apalagi dengan takaran dan spesifikasi yang disarankan baik DOT 3 atau DOT 4.

TOP 1 BRAKE FLUID dapat diandalkan guna menjaga aktivitas berkendara kamu lebih aman dan optimal. Memiliki kadar sintetis tinggi serta formula aditif khusus yang melindungi komponen kendaraan di berbagai medan perjalanan.

Tunggu apalagi? Rasakan sensasi berkendara yang aman dan nyaman dengan menggunakan TOP 1 BRAKE FLUID di bengkel-bengkel terdekat.

Atau beli online di toko resmi TOP 1 di Tokopedia. Rasakan berbagai diskon menarik, promo gratis ongkos kirim, hingga kemudahan berbelanja. Tinggal sekali klik!

Udah coba TOP 1 belum?

© PT Topindo Atlas Asia 2024