Adakah Manfaat dari Pakai Oli Mobil Untuk Motor?

Adakah Manfaat dari Pakai Oli Mobil Untuk Motor?

Mengganti oli adalah perawatan yang wajib dilakukan oleh semua pemilik kendaraan. Pilihan merek dan tipe oli pun sangat beragam. Pemilik kendaraan bisa memilih dengan bebas oli yang mereka ingin gunakan.

Namun, antara kendaraan mobil dan motor terdapat perbedaan pelumas mesin. Sebenarnya apakah bisa menggunakan oli mobil untuk motor dan apa efek yang ditimbulkannya?

Pada dasarnya pelumas motor memiliki 2 kategori bahan yaitu base oil dan aditif. Tingkat kelicinan antara pelumas motor dan mobil pun berbeda.

Pada motor dibutuhkan pelumas yang tidak terlalu licin karena menggunakan kopling basah. Sedangkan, pada mobil menggunakan kopling kering yang koplingnya tidak direndam dalam oli.

Karena pada motor koplingnya terendam dalam oli. Maka, tingkat kelicinan oli menjadi suatu faktor penentu.

Ketika kamu memilih untuk menggunakan oli mobil untuk motor, maka nantinya beresiko terjadi  slip kopling dan membuat performa motor kamu terganggu.

Misalnya, saat kamu menggunakan motor dalam kecepatan tinggi, beban berat maupun tanjakan kemungkinan besar adanya keterlambatan hentakan gas. Hal itu dikarenakan terjadinya slip kopling.

Walaupun gas kamu sudah paling maksimal dan mesin putarannya pun akan cepat tapi lagi-lagi slip di kopling yang membuat roda tidak mampu mengejar. Terlebih ketika kendaraan dalam kondisi membawa beban berat, atau sedang dalam tanjakan resiko slipnya akan jauh lebih besar pula.

Karena itu lah kamu membutuhkan oli khusus motor atau dalam artian kamu tidak bisa menggunakan oli mobil untuk motor.

Saat kamu mau kendaraan bergerak cepat maka dibutuhkan oli khusus motor agar ikatannya dapat lebih kuat.

Bolehkah Oli Mobil Untuk Motor?

Semakin majunya teknologi membawa beragam manfaat baru, termasuk pada oli mesin kendaraan. Teknologi seperti Ester mampu menjaga dan melapisi kendaraan sejak pertama kali mesin dinyalakan, namun apakah oli bisa digunakan sembarang tempat?

Product Development & Technical Support TOP 1 Indonesia, Lucky Elfano menjawab tentang penggunaan oli untuk berbagai kebutuhan kendaraan, seperti mobil untuk motor.

“Untuk oli mobil ke motor tidak diperbolehkan karena ada hal-hal teknis yang perlu diperhatikan seperti TBN (Total Base Number) untuk motor itu jauh lebih rendah dibandingkan untuk mobil.”

TBN atau Total Base Number sendiri merupakan satuan ukuran aditif dalam oli yang berfungsi untuk melawan efek korosi, maka dari itu oli juga diberikan aditif yang bersifat keasaman.

Aditif yang kerap digunakan sendiri ada berbagai macam seperti kalsium sulfonat, magnesium sulfonat, fenol, dan lain sebagainya.

Namun pada kendaraan bermotor tingkat oil stress pelumas lebih tinggi. Jadi tetap membutuhkan pelumas khusus.

Fungsi Aditif Pada Oli

Ada juga fungsi aditif yang berbeda di masing-masing jenis oli, maka dari itu tidak disarankan menggunakan jenis oli motor pada mobil, begitu juga sebaliknya.

Tingginya TBN di mobil sangat berbeda dengan kualitas TBN yang lebih rendah untuk motor. Semakin tinggi TBN juga baik untuk menetralisir kontaminan pada oli.

“Memang fungsinya dibuat sedemikian rupa karena oksidasi, jadi memang oli motor punya tingkat TBN yang lebih rendah dibandingkan oli mobil. Maka kami tidak menyarankan penggunaan oli beda kendaraan, apalagi oli juga sudah tersedia di macam tempat jadi seharusnya tidak sulit untuk ditemui,” jelas Lucky.

Mesin pada kendaraan mobil dan motor pun berbeda kapasitasnya. Pada motor putaran mesinnya akan lebih besar karena kapasitasnya kecil berkisar antara 5.000-7.000 rpm.

BACA JUGA: Campur Oli Beda Jenis Akan Merusak Mesin? Benarkah Demikian?

Karena putaran yang tinggi itu membuat oil stress sebuah pelumas akan jauh lebih besar di motor.

Ditambah lagi sistem pendinginan motor tidak seperti mobil yang semuanya menggunakan radiator sehingga mesin motor mudah panas. 

Selalu percayakan dan gunakan oli sesuai jenisnya, seperti oli TOP 1 yang tersedia untuk berbagai macam tipe kendaraan baik motor matic dan manual, mobil bensin maupun diesel, dan lain sebagainya!

Jadi, mulai percayakan oli mobil kamu dengan produk-produk terbaik dari TOP 1 yang ada di bengkel-bengkel kesayangan kamu!

Atau mau ganti sendiri? Bisa banget kok! Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia atau Shopee karena ada DISKON EKSKLUSIF yang ga pake ribet sob!

Oli Anda TOP 1 juga kan?

© PT Topindo Atlas Asia 2024