Bedah Daihatsu Sirion: Rekomendasi Oli Terbaik, Teknologi dan Spesifikasi Lengkap

Bedah Daihatsu Sirion: Rekomendasi Oli Terbaik, Teknologi dan Spesifikasi Lengkap

Pada bulan Maret 2020 kemarin, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merilis New Sirion yang mana perilisannya sendiri dilakukan via live streaming YouTube, akibat wabah COVID-19. 

Meskipun begitu, promosi yang mereka lakukan juga sangat menarik, yakni berbentuk komik striping yang menceritakan perihal eksterior, interior, fitur, sistem keamanan dan warna komikal yang menarik.

Hal tersebut sebenarnya bisa dimaklumi, mengingat Daihatsu Sirion ini memang menyasar anak muda yang sebagian besar pecinta kartun dengan berbagai warna menarik.

Sejak pertama kali dikenalkan pada tahun 1998 silam, Sirion mengalami banyak perbaikan.

Di Indonesia sendiri facelift terakhir terjadi pada tahun 2018, sehingga membuat perawakannya berubah secara signifikan. 

Pada tahun 2020, mereka memberi tampilan yang lebih futuristik, meskipun tidak ada banyak berubah dari segi eksterior maupun fiturnya.

Eksterior Mobil Daihatsu Sirion

Ukuran mobil Daihatsu Sirion ini berdimensi panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.525 mm. Dengan dimensi seperti itu, memungkinkan mereka untuk menyematkan jarak sumbu roda sekitar 2.500 mm.

Adanya ground clearance setinggi 150 mm, membuatnya jadi cukup memadai ketika berkendara di berbagai medan.

Tubuh luarnya memiliki garis lembut serta membulat di beberapa area, sehingga terkesan sporty dan elegan.

Pada bagian depannya, kita bakal diperlihatkan dengan grill langsing memanjang sampai ke kedua sektor penerangan. Lampu utamanya sudah menggunakan teknologi LED.

Pada bagian bumper, digunakan bukaan dengan bentuk trapesium, serta jaring berlubang cukup besar.

Interior Mobil Daihatsu Sirion

Mobil Daihatsu Sirion ini memiliki style interior yang lebih modern dan terkesan funky.

Permainan warna gelap yang meliputi seluruh area interiornya terlihat begitu enak dipandang. Apalagi, area dashboard-nya mengusung garis lurus, tanpa aksen berlebih.

Untuk yang paling terbaru, adalah head unit berupa layar sentuh 7 inci. Kini sudah memiliki fungsi mirror link, dengan begitu dia dapat dihubungkan ke smartphone kalian.

Tampilan dari device komunikasi elektronik pun akan muncul di display tersebut.

Agar si pengemudi tetap fokus dan terjaga ketika mengendarai mobil, mereka pun menyematkan audio switch tepat di kemudinya. 

Bahkan, baterai smartphone kalian akan tetap terjaga karena sudah disediakan colokan USB baik di depan maupun belakangnya, termasuk satu power outlet.

Mesin Mobil Daihatsu Sirion

Mobil satu ini hadir dengan mesin 1NR-VE, serta memiliki teknologi Dual VVT-i dengan kubikasi 1,3 liter dan memiliki 4 silinder.

Sehingga mampu menciptakan tenaga maksimum hingga 95 PS pada putaran 6.000 rpm serta mempunyai torsi 120 Nm pada 4.200 rpm.

BACA JUGA: 4 GEJALA INJEKTOR MOBIL RUSAK DAN PENYEBABNYA

Mengingat memiliki bobot 1.425 kg, mobil Daihatsu Sirion seharusnya takkan jadi masalah jika dilewatkan dalam kecepatan penuh. 

Seluruh tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui sistem transmisi manual atau otomatis. Versi manualnya memiliki konfigurasi 5-speed, sedangkan versi otomatis konvensional memiliki 4-speed.

Spesifikasi Mobil Daihatsu Sirion

  • - Mesin: 1.3L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC
  • - Kapasitas Mesin: 1329 cc
  • - Daya Maksimum: 95 ps / 6.000 rpm
  • - Torsi Maksimum: 12,2 kg.m / 4.200 rpm
  • - Sistem Starter: Elektrik
  • - Sistem Bahan Bakar: Bensin
  • - Kapasitas Bahan Bakar: 36 Liter
  • - Tipe Kopling: Transmisi Basah
  • - Tipe Transmisi: Manual / 5 Percepatan
  • - Warna Daihatsu Sirion: White Metallic, Granite Grey, Blue Metallic, Lava Red

Oli Mobil Daihatsu Sirion

Untuk menjaga performa mobil Daihatsu Sirion lebih baik diperlukan kualitas serta spesifikasi oli yang tepat. Kebutuhan ini penting agar kinerja mesin tidak mengalami gangguan major.

Untuk spesifikasi sendiri pihak Daihatsu Motors menyarankan penggunaan oli tipe 10W-40 untuk tipe bensin.

Keperluan oli dari Daihatsu Sirion sendiri berkisar di angka 4,2 liter sudah termasuk dengan filter oli yang penting untuk menjaga kualitas oli dari endapan.

Selain itu perlu oli dengan kandungan sintetis untuk mobil satu ini serta kemampuan Ester Fortified yang mampu menempel mesin lebih erat dan lama untuk melindungi secara maksimal.

TOP 1 ZENZATION 10W-40 bisa jadi pilihan kamu untuk menjaga mobil satu ini lebih kuat, bertenaga, dan terlindungi secara maksimal di berbagai kondisi.

Kenapa memilih oli satu ini? Selain kandungannya yang sudah memiliki bahan base oil sintetis, TOP 1 ZENZATION juga sudah dilengkapi teknologi Ester Fortified yang cocok untuk menjaga kinerja Daihatsu Sirion.

Tunggu apalagi? Ganti oli mobil kamu sekarang di bengkel-bengkel mobil terdekat sob!

Atau, Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia dan Shopee sekarang! 

Banyak promo menarik, diskon besar-besaran, gratis ongkir, hingga keaslian produk terjamin! 

Sudah beralih ke TOP 1 belum?

© PT Topindo Atlas Asia 2024