Begini Cara Mengemudi Mobil Agar Bahan Bakar Tetap Irit

Begini Cara Mengemudi Mobil Agar Bahan Bakar Tetap Irit

Jika kamu merasa sering mengisi bahan bakar dengan frekuensi yang sering untuk mobilmu, ada baiknya kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama,  kamu periksa apakah sistem bahan bakar di mesin mobilmu bermasalah atau tidak. Jika iya, kamu perlu segera pergi ke bengkel terpercaya, bisa jadi hal itu malah membuat masalah mesin yang lebih besar lagi.

Kedua, bisa jadi ada yang salah dengan cara mengendarai mobilmu. Ternyata, cara mengendarai mobil juga bisa berpengaruh dengan boros atau tidaknya bahan bakar yang digunakan. Cara menyetir menjadi sangat penting terutama bagi mobil sering berada di jalan raya dan terjebak kemacetan.

Baca juga: Ini Rahasia Pembuatan Oli Top 1 di Amerika

Nah artikel ini akan membahas tentang cara mengemudi dengan baik dan benar. Oleh karena itu, kamu perlu menerapkan teknik bernama hypermilling. Teknik ini merupakan cara mengemudi yang bertujuanagar pengemudi dapat mengurangi penggunaan bahan bakar dengan memaksimalkan cara mengemudi yang baik dan benar. Cara ini juga sangat efisien dan berperan dalam mengurangi risiko kecelakaan.

Sebenarnya, teknik hypermilling ini memiliki tiga aspek utama. Berikut tiga aspek berikut:

  • Eco driving. Membuat para pengemudi mengurangi sumbangan gas karbondioksida dengan mengurangi penggunaan bahan bakar
  • Defensive driving. Hal ini bertujuan untuk agar pengemudi dapat selalu berpikir terhadap nyawa, waktu, dan uang terlepas dari kondisi sekitar dan tindakan pengemudi lain di jalan raya.
  • Safety Driving. Teknik mengemudi yang mengutamakan keamanan, kenyamanan, dan selalu waspada terhadap risiko kecelakaan yang mungkin terjadi dengan berkendara yang baik dan benar.

Dengan mengetahui pengertian di atas, sekarang kamu perlu mengetahui tips-tips tentang teknik mengemudi agar bahan bakar mobil tetap irit.

Perhatikan Putaran Mesin dan Pengereman 

Kamu perlu mengemudi secara efisien dalam memindahkan gigi. Ada baiknya, kamu memindahkan gigi ketika RPM berada di kisaran 1.500-2.2000 khusus bensin. Jika mobilmu diesel disarankan ketika RPM berada di kisaran 1.100-2.000. Intinya, kamu perlu memindahkan gigi secepat mungkin agar lebih efisien agar hemat bahan bakar. Paling hemat jika mobil melaju dengan konstan di kecepatan 70 km/jam - 80 km/jam.

Kamu juga perlu ganti oli mobil secara teratur dan rutin. Gunakan juga oli mobil sintetik maupun mineral terbaik yang cocok oleh mobilmu.

Selain itu, kamu juga perlu melakukan pengeraman dengan baik dan benar. Gunakan momentum, jangan terlalu sering mengerem. Prinsipnya kamu perlu menggunakan daya dorong. Penggunaan engine break juga diperlukan, ya.

Tekanan Angin

Tips lainnya adalah kamu perlu memperhatikan tekanan angin pada ban. Pastikan isi angin selalu pas dan tidak kurang. Jika kurang, traksi gesekan roda pada jalan akan lebih besar dan pastinya akan membebani kinerja mobil. Biasanya, masing-masing pabrikan ban memiliki standar rekomendasi tekanan angin tersendiri.

Baca juga: Pelumas Fully Synthetic Terbaik Untuk Motor Sport

Tekanan angin yang kurang akan membuat kendaraanmu tidak stabil. Hal itu ternyata dapat mempengaruhi boros tidaknya bahan bakarmu.

Kualitas Oktan Bahan Bakar

Bahan bakar juga salah satu tips yang harus kamu pertimbangkan. Semakin pas oktan, makin hemat pembakaran yang terjadi. Selain itu, kualitas bahan bakar juga bagus untuk mesin kendaraan karena tidak meninggalkan kotoran yang menjadikannya kerak. Kinerja mesin juga akan lebih efisien. Jadi, kamu perlu tahu standar oktan untuk kendaraanmu.

Kurangi Beban Berat

Kebiasaan masyarakat Indonesia adalah membawa penumpang melewati batas kapasitas yang disarankan. Ternyata hal ini sangatlah mempengaruhi pemborosan bahan bakar. Kamu juga perlu menyisihkan barang-barang yang tidak terlalu pakai di dalam mobil.

Penambahan beban muatan akan meningkatkan konsumsi bahan bakar lebih boros. Jika memang mobilmu diperlukan untuk membawa beban berat, biasakan selalu berada di kecepatan rendah.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan dalam cara mengemudimu sehari-hari.

Gunakan Selalu Oli Top 1

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 secara resmi disetujui oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi sebagai oli standard pabrikan. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

© PT Topindo Atlas Asia 2024