Rabu, 3 Maret 2021

Biaya dan Harga Ganti Oli Daihatsu Xenia Secara Lengkap

Memiliki mobil merupakan dambaan bagi sebagian orang, selain karena fungsinya yang praktis membawa banyak hal.

Mobil juga memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi bagi para pemilik kendaraan tersebut.

Namun ketika memiliki mobil seperti Daihatsu Xenia contohnya, jangan hanya terpaku saat pembelian unitnya saja namun juga perawatan.

Yap, baik bodi mobil maupun bagian mesin harus diperhatikan apalagi kamu yang ingin menjualnya kembali dengan harapan menambah sedikit uang untuk versi yang lebih baru.

Selain itu, mobil yang awet tentu akan memiliki pengeluaran biaya yang tidak terlalu banyak karena biaya penggantian komponen.

Memang, apa saja fungsi dari oli mobil dan seberapa penting mengganti oli mobil tepat waktu?

Fungsi dan Manfaat Oli Mobil

Fungsi penting dari oli mobil adalah melindungi komponen mesin. Yap, melindungi dalam artian menjaga kinerja mobil tetap optimal digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Komponen mesin mobil sendiri merupakan jajaran kendaraan yang penting karena semua hal baik piston hingga dapur pacu meliputi kinerja mobil.

Bila tidak dirawat tentu biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih mahal, apalagi dalam menjaga mesin tetap aman dan nyaman digunakan.

Oli mobil juga mampu menjaga kebersihan bagian mesin sehingga minim endapan. Kinerja akan mulus, tarikan mobil jadi halus dan tanpa kendala.

Bila kamu mengendarai mobil dengan aman dan nyaman, berarti oli mesin bekerja dengan optimal dalam menjaga kinerja di berbagai medan perjalanan.

Nah, jadi kalau sudah paham fungsi dan manfaat, tinggal paham waktu yang tepat ganti oli mobil. Kapan ya waktunya?

Waktu Ganti Oli Mobil

Sebenarnya dalam mengganti oli mobil memerlukan beberapa variabel selain jarak tempuh. Karena selain jarak tempuh yang jauh, faktanya saat berhenti pun mesin tetap bekerja dalam menjaga mesin tetap optimal.

Lantas, mesin yang diam termasuk dalam proses bekerja sehingga memiliki potensi pergerakan dan perlindungan on-time. Banyak montir, pabrikan, dan pihak bengkel yang menyarankan penggantian oli mobil setidaknya setiap 7.000 km sampai dengan 10.000 km.

Atau paling lambat setiap 6 bulan sekali untuk mobil yang digunakan secara terus menerus.

Tidak lupa spesifikasi oli yang harus sesuai karena mesin setiap pabrikan memiliki ciri khas masing-masing.

BACA JUGA: DAFTAR HARGA OLI MOBIL DAIHATSU TERBAIK DI TAHUN 2021

Untuk mobil keluaran terbaru biasakan menggunakan viskositas oli yang encer sedangkan yang lama menggunakan oli yang sedikit atau agak kental.

Beberapa tipe atau contoh adalah mobil keluaran terbaru dengan viskositas oli SAE 0W-20 dan keluaran lama atau menengah bisa menggunakan oli SAE 10W-40.

Pilih Oli Sintetis atau Oli Mineral?

Selain viskositas, fungsi, serta manfaat ada juga tipe-tipe oli mobil, lho!

Bener banget, oli juga memiliki berbagai tipe yang bisa kamu pilih seperti oli sintetis atau oli mineral. Perbedaan mendasar adalah komposisi dari oli serta teknologi yang berbeda-beda.

Untuk oli mineral biasanya lebih murah, kenapa? Karena kandungan mineral hanya menggunakan seri komposisi Group I atau dasar. Sedangkan, oli sintetis atau campuran memiliki rentang Group III sampai dengan Group V.

Pada dasarnya oli sintetis memiliki banyak tambahan komposisi yang cukup mahal, seperti aditif serta tambahan teknologi tertentu. 

Keunggulan lain oli sintetis adalah lebih tahan lama dan tidak mudah menguap. Berbeda jauh dengan oli mineral yang bisa saja mengalami kekeringan atau habis dalam waktu yang kurang lebih cepat.

Jadi sesuaikan dengan kebutuhan mobil kesayangan kamu, namun bila ada sedikit tambahan tidak ada salahnya memilih oli sintetis, sob!

Harga Ganti Oli Daihatsu Xenia

Dalam menjaga mesin tetap optimal diperlukan oli mobil yang baik dan berkualitas. Daya tahan mobil juga akan terasa sangat berbeda dalam waktu yang lama.

Saat perawatan, harga ganti oli juga kerap memiliki rentang harga yang berbeda. Lantas, berapa biaya atau harga ganti oli Daihatsu Xenia?

Rentang harganya sangat tergantung dari oli yang kamu pilih dan jumlah takarannya sob. Namun, bila digabung dengan penggantian filter oli, maka harga ganti oli Daihatsu Xenia berada di kisaran Rp250.000 sampai dengan Rp550.000.

Lalu oli apa yang disarankan untuk Daihatsu Xenia kesayangan kamu?

TOP 1 ZENZATION 10W-40 siap memanjakan Daihatsu Xenia kesayangan kamu! Kini berkemudi bukan hal yang menyebalkan lagi sob, rasakan sensasi berkendara yang nyaman dengan produk TOP 1!

Memiliki fungsi melindungi gesekan antar komponen, melumasi daerah mesin, serta menekan getaran secara optimal!

Yuk, cobain TOP 1 ZENZATION untuk mobil Daihatsu Xenia kesayangan kamu sekarang!

Beli secara online, lagi banyak promo menarik nih di Shopee dan Tokopedia resmi TOP 1. Rasakan juga beragam diskon menarik dan Xtra Gratis Ongkir!

Udah cobain TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: