Rabu, 3 Maret 2021

Bolehkah Menggunakan Oli Mobil Untuk Motor, Apa Saja Akibatnya?

Dalam pasar oli mesin atau yang bisa juga disebut pelumas, tentu kamu paham bahwa oli difungsikan ke masing-masing tipe mesin.

Maksudnya adalah setiap mesin sudah dibuat sedemikian rupa untuk tipe-tipe tertentu, jadi bukan hanya isapan jempol belaka. Lantas ada beberapa pertanyaan terkait mengenai oli mobil untuk motor, apakah boleh?

Fungsi dan Manfaat Oli Mobil

Fungsi penting dari oli mobil adalah melindungi komponen mesin. Yap, melindungi dalam artian menjaga kinerja mobil tetap optimal digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Komponen mesin mobil sendiri merupakan jajaran kendaraan yang penting karena semua hal baik piston hingga dapur pacu meliputi kinerja mobil.

Bila tidak dirawat tentu biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih mahal, apalagi dalam menjaga mesin tetap aman dan nyaman digunakan.

Oli mobil juga mampu menjaga kebersihan bagian mesin sehingga minim endapan. Kinerja akan mulus, tarikan mobil jadi halus dan tanpa kendala.

Bila kamu mengendarai mobil dengan aman dan nyaman, berarti oli mesin bekerja dengan optimal dalam menjaga kinerja di berbagai medan perjalanan.

Nah, jadi kalau sudah paham fungsi dan manfaat, tinggal paham waktu yang tepat ganti oli mobil. Kapan ya waktunya?

Oli Mobil Untuk Motor

Apakah boleh menggunakan oli mobil untuk motor? Pada fungsinya sendiri boleh-boleh saja, namun perlu diingat bahwa komponen mesin dan cara kerja keduanya sangat berbeda.

Bisa dibilang, oli motor lebih boros dibandingkan oli mobil. Mengapa demikian?

Mobil sendiri memiliki rentang rpm yang cukup kecil yaitu sekitar 5.000 rpm sampai 6.000 rpm, sedangkan motor berada di angka 11.000 rpm. 

Perputaran mesin yang cepat itu membuat motor harus lebih sering mengganti pelumas mesin.

BACA JUGA: DAFTAR HARGA OLI MOBIL MITSUBISHI TERBAIK DI TAHUN 2021

Jadi daya guna oli mobil yang diganti pada waktu 4-5 bulan sekali harus dipangkas menjadi 1-2 bulan sekali di motor.

Selain itu, tipe oli mobil yang diperbolehkan untuk motor adalah tipe bensin. Untuk tipe diesel sangat dilarang karena memiliki standar yang berbeda yaitu API-CJ dan sebagainya.

Ada juga tipe oli mobil yang digunakan harus sesuai, karena oli mobil menggunakan kopling kering, olinya juga harus di gunakan di mesin motor yang koplingnya kering.

Semisal motor matic yang transmisinya CVT koplingnya kering, jadi bisa pakai oli mobil. Memang oli mobil termasuk JASO MB alias kopling kering, sedangkan motor bebek atau sport yang kopling basah olinya JASO MA.

Acuan yang menjadi pentingnya adalah tipe transmisi dan standar oli yang digunakan. Maka dari itu, sebaiknya selalu gunakan oli sesuai kebutuhan masing-masing mesin agar tidak membingungkan.

Pabrikan pelumas mesin juga sudah memberikan klasifikasi oli untuk masing-masing oli, baik motor manual atau matic serta mobil manual, matic dan bensin/diesel.

Bila untuk mobil bensin, apa tipe atau produk oli yang direkomendasikan?

TOP 1 ZENZATION siap memanjakan mobil kesayangan kamu! Sekarang berkemudi bukan hal yang menyebalkan lagi sob, rasakan sensasi berkendara yang nyaman dengan produk TOP 1!

Memiliki fungsi melindungi gesekan antar komponen, melumasi daerah mesin, serta menekan getaran secara optimal!

Yuk, cobain TOP 1 ZENZATION untuk mobil kesayangan kamu di bengkel-bengkel sekarang!

Atau beli secara online, karena lagi banyak promo menarik di Shopee dan Tokopedia resmi TOP 1. Rasakan juga beragam diskon menarik dan Xtra Gratis Ongkir!

Udah cobain TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: