Kamis, 27 Desember 2018

Cara Mudah Merawat Motor Matik

Di Indonesia jenis sepeda motor matik kini menjadi lebih populer. Hal ini lantaran motor tanpa gigi dianggap lebih mudah dan nyaman dikendarai, apalagi saat kondisi macet.

Baca juga: Oli TOP 1 Paling Sulit Dipalsukan!

Tapi, sepeda motor matik juga wajib dirawat secara rutin supaya motor tetap prima dan akselerasi masih terjaga. Selain itu, dengan merawat motor matik, tentunya akan membuat motor matk lebih awet dan panjang umur.

Nah, oleh karena itu yuk simak beberapa cara mudah merawat motor matik supaya tetap terjaga.

1. Jangan Lupa Panaskan Mesin Motor Matik Setiap Hari

Cara mudah merawat motor matik yang pertama adalah memanaskan mesin motor matik sebelum digunakan berguna supaya oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin bisa lebih maksimal.

Panaskan motor kurang lebih 5 menit sampai 10 menit sebaiknya menggunakan kick stater, jika menggunakan stater elektrik tentunya akan lebih banyak mengurangi bateray dari motor tersebut. jika sudah merasa cukup jangan lupa tarik ulur gas supaya oli cukup panas dari mesin motor.

2. Atur Kecepatan Gas

Kemudahan yang ditawarkan motor matik ini kadang membuat pengendara terlena dan sering mengganti laju kecepatan secara tiba-tiba.

Perubahan kecepatan dari rendah ke tinggi secara mendadak ini bisa membuat mesin motor matik rusak. Jangan sampai harus mengeluarkan dana lebih untuk memperbaiki sparepart yang rusak akibat cara berkendara yang salah .

 3. Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Cara mudah merawat motor matik selanjutnya adalah untuk selalu mengisi bahan bakar sebelum habis, usahakan selalu motor matik sobat jangan sampai menunjukan indikator E pada speedometer, dan usahakan motor berisi bahan bakar yang full untuk mengantisipasi hal tersebut. Motor yang sering mogok karena kekurangan bahan bakar tentunya akan sangat tidak baik.

 4. Rutin Ganti Oli

Cara mudah merawat motor matik yang penting lainnya adalah ganti oli motor matik secara teratur. Oli mesin merupakan kebutuhan pokok dalam merawat motor matik yang sangat penting. Selalu cek dan ganti oli pada motor matik kalian secara rutin dan berkala. Oli mesin yang kotor dan tidak diganti-ganti bisa merusak mesin motor. Minimal, ganti oli setelah menempuh jarak 3000 km atau 3 bulan sekali untuk merawat motor matik  dan menjaga kebersihan mesin motor matik kalian.

5. Perawatan AKI

Aki merupakan komponen penting dalam merawat motor matik. Aki penting untuk kalian periksa secara berkala, jangan sampai motor mogok di tengah jalan karena aki motor matik sudah tidak bagus.

Untuk mengantisipasi motor matik kalian mengalami mati aki, kalian bisa mengganti aki dalam 7-8 bulan setelah penggantian terahir.

6. Servis Berkala

Cara mudah merawat motor matik terakhir adalah servis motor secara berkala di bengkel resmi untuk penggantian oli, dan membersihkan karburator dan menset motor. Selain lebih terpercaya, kalian pun bisa meggunakan garansi selagi masih ada, Sob! Di bengkel resmi juga kamu bisa mendapatkan suku cadang yang asli.

Dan jangan lupa lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali untuk merawat performa motor matik kalian.

Baca juga: Apasih Pentingnya Oli Transmisi Manual dan Oli Gardan?

Sudah tau kan bagaimana Cara mudah merawat motor matik kalian supaya awet? Jangan lupa juga untuk selalu gunakan helm dan jaket motor yang berkualitas baik agar pengalaman berkendara kalian semakin nyaman dan menyenangkan!

Suka Artikel ini? Silahkan bagikan ke sosial media favorit kamu ya!

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters