Cara Pegang Stir Mobil yang Benar

Cara Pegang Stir Mobil yang Benar

Sebelum berkendara mobil, kamu harus mengetahui banyak faktor-faktor cara berkendara yang baik dan benar. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui fitur-fitur dan teknologi mobil yang akan kamu kendarai nanti. Semakin kamu banyak berlatih serta memperdalam pengetahuan tentang mobilmu, semakin minim pula risiko kecelakaan terjadi.

Banyak faktor yang harus kamu kuasai dalam berkendaramobil, salah satunya adalah dengan mengetahui bagaimana cara memegang stir dan mengemudikan kendari secara benar. Mobil perlu kamu kendalikan dengan baik agar selalu senantiasa aman.

Tips Pegang Kemudi Mobil

Sebelum berkendara, kamu perlu buat dirimu senyaman mungkin. Kamu atur semuanya dari mulai posisi kursi, kaca spion dalam, dan ketinggi stir. Setelah merasa benar-benar nyaman, kamu juga perlu pastikan spion kanan dan kiri untuk mengindari black spot.

Posisikan tangan dengan benar di kemudi mobilmu. Sejajarkan posisi secara benar, ya. Jika dianalogikan, posisi tangan kiri harus berada di angka sembil dan kanan di angka tiga. Kamu harus memperhatikan posisi tangan ini, ya. Selain itu, berkendaramu akan terasa sangat nyaman terlebih akan aman.

Baca juga: Oli Mobil dan Motor Terbaik

Jangan memosisikan tangan pada kemudi sejajar dengan jantung. Jika berkendara dalam posisi seperti itu lebih dari satu jam, peraliran darahmu akan tidak lancar. Akibatnya, kamu akan kehilangan fokus dan konsentrasi, serta reflekmu melambat.

Jangan terlalu dekat dengan stir, ya. Coba posisikan tangan sekitar 30 sentimeter antara kemudi dan dada. Pasalnya, air bag dalam mobilmu itu mengembang dengan volume sekitar 22 hingga 25 sentimeter. Tentunya, posisi ini akan lebih aman.

Jempol juga tidak boleh di dalam karena bisa cedera ketika mengenai ruas-ruas setir bagian tengah jika terjadi kecelakaan.

Ketika belok, kamu perlu juga memposisikan tangan dengan benar. Ketika berbelok, baik ke kiri maupun kanan, posisi tanganmu haruslah menyilang. Satu tangan di atas, satu tangan di bawah. Teknik ini sangat berguna untuk memutar setir secara cepat. Menggunakan satu tangan sangat tidak disarankan. Gunakan metode dorong tarik agar  lebih aman dan nyaman

Saat sedang menyetir, selalu pastikan kedua tangan tetap pada posisi memegang stir, ya.

Penggunaan Rem Tangan

Cara mengemudi juga sangat berkaitan dengan cara menggunakan rem tangan. Rem tangan menjadi salah satu faktor terpenting ketika berkendara. Membantu mobil berhenti dalam keadaan terparkir, menanjak dan turun, serta keadaan-keadaan genting.

Akan tetapi, penggunaan rem tangan janganlah harus sesuai porsi. Pasalnya, jika terlalu sering menggunakannya, kampas rem (biasanya, terletak pada rem tromol) akan copot dari penyangganya.. Hal ini tentu berbahaya karena ketika rem tangan aktif kampas rem bisa lepas dari tromol. Jika dipaksa untuk melaju, kampas rem akan lepas. Oleh karena itu, kamu perlu perhatikan penggunaan rem tangan secara benar, ya.

Baca juga: TOP 1 Formula Oli Premium Baru Kualitas Lebih Maju!

Jika rem tanganmu berbunyi klik lebih dari tujuh kali, segera periksa ke bengkel untuk penyetelan ulang, ya. Jangan terlalu sering menggunakan rem ketika mobil berhenti. Jika mobilmu diparkir di permukaan miring, tambahkan pengganjal roda ya.

Gunakan Selalu Oli Top 1

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 secara resmi disetujui oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi sebagai oli standard pabrikan. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

© PT Topindo Atlas Asia 2024