Faktor yang Mempengaruhi Cara Berkendara

Faktor yang Mempengaruhi Cara Berkendara

Mengemudikan kendaraan perlu memikirkan secara matang segala kemungkinan yang terjadi. Tidaklah heran jika hanya orang berumur 17 tahun ke atas yang mendapatkan izin mengemudi. Selain umur yang cukup, kamu juga perlu memahami aspek-aspek terkait, terutama tentang keselamatan berkendara. Hal ini merupakan hal paling wajib yang harus kamu pertimbangkan.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara berkendara yang baik dan benar serta aman dan nyaman guna menghindarkan kecelakaan. Demi meminimalisasi risiko tersebut, salah satu cara yang perlu kamu pelajari adalah cara berkendara. Perhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi cara berkendara berikut ini.

Karakter Jalan

Sebelum kamu berkendara, kamu perlu memahami karakter jalan yang akan dilalui. Pasalnya, karakter jalan sangat mempengaruhi seseorang saat mengemudikan kendaraannya. Misalnya, kamu perlu belajar bagaimana mengemudi yang baik ketika berada di jalan yang rusak, berkelok, bergelombang, dan di aspal yang mulus. Selain itu juga, apakah jalan yang kamu lalui itu sering ada kemacetan dan penuh debu. Hal ini berkaitan dengan cara kamu menarik tuas gas, melakukan pengereman, dan memindahkan persneling kendaraan jika itu manual.

Baca juga: Kelebihan oli mesin full Sintetik untuk kendaraan kamu

Kamu perlu menjadikan ini sebagai perhatian utama karena Indonesia memiliki 103.650 km jalan rusak serta 77/094 km jalan yang termasuk rusak berat (BPS). Melihat data di atas, sudah seharusnya kamu menjadi lebih picky terhadap kendaraan serta jenis dan kontur ban yang tepat.

Peraturan Lalu Lintas

Selalu taat terhadap peraturan lalu lintas, ya. Agar selalu taat, kamu perlu belajar dan mendalami pengetahuan mengenai rambu dan lampu lalu lintas. Jika kamu menguasai peraturan lalu lintas, kamu dapat terhindar dari kecelakaan. Selain kecelakaan, kamu juga bisa menanggung aspek hukum jika melanggar peraturan tersebut.

Di mana dan kapan pun kamu berkendara, kamu perlu menaati peraturan lalu lintas, ya. Ini menjadi faktor yang dapat mempengaruhi cara berkendara.

Saling hormat dengan Pengendara Lain

Saat mengendarai kendaraan yang disayangi, pengendara cenderung akan bersikap egois dan tidak mau mengalah. Akan tetapi, kamu perlu menghormati pengendara lain. Hal ini bertujuan agar kamu juga jadi lebih hati-hati dan mawas diri dengan menjaga jarak agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Kamu juga perlu menyiapkan hal-hal berikut ini:

Fisik harus selalu sehat

Dalam berkendara, fisik merupakan hal yang juga krusial. Kamu perlu memiliki konsentrasi yang penuh dan sehat. Jangan pernah mengemudi saat keadaan lelah, kantuk, ataupun mabuk. Pasalnya, dalam UU Lalu Lintas disebutkan dalam pasal 106 ayat 1 bahwa pengendara wajib berkonsentrasi penuh saat mengemudi. Jika tidak, dikhawatirkan kamu akan membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

Oleh karena itu, kamu perlu beristirahat jika merasa kurang enak badan ketika berkendara, ya.

Perlengkapan Keselamatan

Safety riding bukanlah sebuah jargon semata. Kamu perlu memiliki seluruh perlengkapan keselamatan yang wajib untuk digunakan, terutama jika kamu pengendara motor, ya. Helm berstandar SNI dan atau DOT, jaket, sarung tangan, sepatu, serta celana panjang merupakan hal-hal wajib untuk dikenakan para pengendara motor. Jika kamu pengguna mobil, selalu gunakan seat belt.

Mesin Kendaraan

Mesin kendaraan perlu diperhatikan juga. Cara termudahnya adalah menggunakan oli sintetik terbaik baik bagi mobil maupun motor. Selain itu, kamu perlu rajin memeriksa kondisi mesin motor maupun mobil sebelum menggunakannya.

Konsentrasi Penuh

Konsentrasi dalam berkendara mutlak dilakukan. Pasalnya, banyak kecelakaan lalu lintas terjadi karena faktor human error sendiri. Misalnya, kamu menggunakan ponsel saat berkendara, mendengarkan lagu pakai headset di motor, maupun ada pengendara lain yang tidak mematuhi lalu lintas yang berlaku. Oleh karena itu, kamu perlu berkonsentrasi penuh dengan tidak mudah terdistraksi dengan hal-hal seperti itu, ya.

Baca juga: Ini Keunggulan Oli Top 1 Classic Khusus Motor Matic

Gunakan Selalu Oli Top 1

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 secara resmi disetujui oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi sebagai oli standard pabrikan. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

 

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

© PT Topindo Atlas Asia 2024