Ini Dia Komponen Mobil yang Membutuhkan Servis Berkala

Ini Dia Komponen Mobil yang Membutuhkan Servis Berkala

Mobil sebagai kendaraan yang anda gunakan sehari-hari baik jarak dekat maupun jarak jauh, tentunya membutuhkan perawatan rutin. Bagaimana tidak? Dengan penggunaan mobil sehari-hari, tentunya beberapa komponen mengalami penurunan kondisi.

Semakin hari pasti komponen yang ada pada mobil akan semakin memburuk, baik karena pemakaian normal maupun karena usia pakai yang terlalu lama.

Untuk mendapatkan kondisi mobil yang selalu prima dan nyaman dikendarai, anda harus merawat secara rutin setiap bagian dari komponen mobil.

 

Baca Juga : TOP 1 HP Sport, Oli Terbaik Untuk Mobil Mitsubishi Xpander

 

Apa saja sih komponen mobil yang membutuhkan servis berkala? Demi mendapatkan kenyamanan berkendara dengan kondisi komponen mobil yang selalu baik, yuk langsung saja simak ulasan mengenai komponen mobil yang membutuhkan servis berkala.

  1. Kaki-kaki Mobil

Jalanan di kota-kota besar memang sebagian besar sudah mulus dan nyaman untuk dilewati menggunakan mobil anda.

Namun terkadang ada jalan-jalan yang berlubang yang luput dari pandangan anda, apalagi kalau anda sedang berlibur ke luar kota menggunakan mobil.

Hal tersebut dapat membuat kaki-kaki mobil rentan sekali rusak. Masalah yang sering dialami pada kaki-kaki mobil adalah kaki mobil goyang.

Bukan hanya jalanan yang bisa disalahkan jika kondisi kaki-kaki mobil rusak, faktor pengendara yang membawa mobil secara kasar juga bisa menjadi alasan rusaknya kaki-kaki mobil.

Sebetulnya, usia kaki-kaki mobil terbilang awet. Kaki-kaki mobil ball joint, tierod, stabilizer dan booshing memiliki usia pakai hingga 100.000 kilometer atau sekitar 5 tahun.

  1. Air Condition (AC)

Hal yang paling sering digunakan dengan intensitas yang sangat tinggi pastinya adalah Air Condition ini.

AC harus bekerja keras untuk membuat seisi ruangan mobil menjadi dingin, apalagi jika digunakan untuk jarak jauh yang membutuhkan waktu yang lama.

Dengan cuaca yang cukup panas di siang hari, tentunya AC adalah suatu kebutuhan yang perlu diperhatikan.

 

Baca Juga : Rekomendasi Cara Terbaik Mengganti Oli Mobil Sendiri

 

Permasalahan pada komponen AC yang seringkali ditemui adalah pada bagian kompresor dan freon AC yang mulai habis.

Servis rutin terhadap AC tentunya perlu dilakukan supaya kenyamanan berkendara anda bisa terjaga. Menyervis AC bisa dilakukan dengan mengganti pelumas, refigeran, dan pembersihan AC.

Paling tidak, anda dianjurkan untuk melakukan servis terhadap AC satu tahun sekali, atau dihitung berdasarkan jarak berkendara yang sudah ditempuh. Silakan servis AC jika jarak tempuh berkendara anda sudah mencapai 10.000 sampai 20.000 KM baik dalam dan luar kota.

Ada treatment khusus yang harus dilakukan jika anda sering melewati jalan yang penuh debu. Anda dianjurkan menyervis AC jika kilometer sudah mencapai 3.000. Proses servis AC juga berlangsung berdasarkan bagaimana kondisi AC mobil anda. Dengan segala kondisinya, proses perbaikan AC bisa berlangsung mulai dari satu sampai delapan jam.

 

  1. Balancing dan Spooring

Kondisi kaki-kaki juga biasanya berpengaruh pada keseimbangan mobil. Servis yang perlu dilakukan untuk menjaga keseimbangan mobil anda adalah balancing dan spooring. Spooring merupakan proses mengembalikan kelurusan kedudukan empat roda pada mobil. Kemudian diseimbangkan dengan melakukan balancing.

Dengan melakukan balancing dan spooring, kenyamanan berkendara anda terjaga tanpa terganggu oleh ketidakseimbangan mobil anda.

Itu dia komponen mobil yang membutuhkan servis berkala. Anda boleh mengevaluasi cara berkendara anda.

Cara berkendara yang kasar akan membuat komponen mobil tidak awet, sehingga komponen mobil anda akan cepat rusak dan butuh budget lebih lagi untuk memperbaikinya. Jadi, perlakukanlah mobil Anda dengan baik, ya!

 

Baca Juga : Tips Memilih Oli Mobil dan Motor Terbaik: Perhatikan Bahan Dasarnya!

 

© PT Topindo Atlas Asia 2024