Mengapa Oli Mobil Synthetic lebih Bagus Daripada Oli Mineral?

Mengapa Oli Mobil Synthetic lebih Bagus Daripada Oli Mineral?

Perkembangan teknologi yang pesat juga berpengaruh pada semakin canggihnya teknologi pada dunia otomotif terutama pada mobil. Semakin canggih teknologi yang berada pada mobil, tentu harus semakin mutakhir juga penggunaan spare partnya. Selain spare part, kamu juga harus menggunakan oli dengan teknologi terbaru untuk mesin mobil kamu, yaitu oli mobil synthetic.

Buat kamu yang menggunakan mobil terbaru, pastinya mesin mobilmu juga perlu menggunakan oli mobil synthetic dibanding oli mineral. Oli sintetik memiliki formula dan material yang jauh lebih baik dari oli mineral. Selain itu, proteksi jangka waktu pemakaian oli sintetik juga jauh lebih lama dibanding oli mineral. Biasanya, oli mobil synthtetic memiliki nilai SAE atau kekentalan oli yang lebih rendah atau lebih encer.

Oli mobil synthetic sangat disarankan untuk kamu yang memiliki mobil dengan mesin teknologi terbaru, seperti turbo, supercharger, DOHC, dan lainnya. Mesin ini membutuhkan sistem pelumasan yang optimal karena pembuatan komponen ini menggunakan presisi tinggi. Mobil yang menggunakan oli mobil sintetik menjadikan suara mesinmu menjadi lebih halus dan minim gesekan dalam mesin.

Baca juga: Oli TOP1 Zenzation Oli Mobil Terbaik Untuk Mobil LCGC

Akan tetapi, oli mobil synthetic belum tentu cocok jika dipakai oleh mobil dengan mesin keluaraan lama, ya. Alangkah lebih baik jika kamu juga berdiskusi terlebih dahulu dengan mekanik bengkel kamu atau melihat buku panduan mobil kamu.

Oli mobil sintetik sendiri merupakan pelumas artifisal atau buatan, namun menggunakan senyawa Polyalphaolifins.

Keunggulan Oli Sintetik

Mesin kendaraan jika tidak dilumasi oleh pelumas yang baik akan mengendapkan karbon di dinding-dinding di dalam mesin. Hal ini bila tidak ditangani secara lanjut akan membuat mesin kendaraan bermasalah. Namun masalah tersebut bisa dicegah dengan menggunakan oli sintetik terbaik yang ada, salah satunya oli motor maupun mobil keluaran TOP 1.

Selain itu, oli sintetik juga berfungsi melumasi serta melapisi logam agar terhindar langsung dari gesekan-gesekan antar mesin.

Sekadar  informasi, efek samping memakai oli yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin bisa membuat mesin Anda berkerak. Hal ini terjadi karena komponen molekul menjadi tidak seimbang. Maka dari itu, dengan mesin berteknologi dan spesifikasinya lebih tinggi, fitur-fitur oli sintetik diperlukan. Lazimnya, kendaraan dengan tahun pembuatannya 2010 ke atas sudah harus memakai oli sintetik terbaik.

Kelebihan lainnya adalah oli sintetik lebih awet dan melindungi mesin lebih dingin dan bisa berfungsi membersihkan mesin dari kerak oli.

Keunggulan oli sintetik bisa dikatakan seperti ini:

  • Memperpanjang jangka waktu penggantian oli (Tergantung pemakaian)
  • Jauh lebih tahan terhadap oksidasi dan gesekan
  • Menghemat bahan bakar
  • Meningkatkan daya mesin
  • Mesin menjadi lebih bersih

Selain itu, oli sintetik juga lebih stabil pada temperatur tinggi sehingga kadar penguapan menjadi rendah, sirkulasi lebih lancar, melumasi metal lebih baik, tahan terhadap oksidasi sehingga membuat mesin menjadi lebih awet.

Itulah beberapa keunggulan dan alasan oli mobil synthetic lebih bagus daripada oli mineral. Segera ganti oli mobil kamu jika mobilmu keluaran terbaru, ya.

Baca juga: Pelumas Fully Synthetic Terbaik Untuk Motor Sport

Gunakan Selalu Oli Top 1

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 secara resmi disetujui oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi sebagai oli standar pabrikan. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

© PT Topindo Atlas Asia 2024