Senin, 17 Februari 2020

Mengenal 2 Perbedaan Fungsi Gemuk CVT di Motor Matic

Grease atau yang kerap disapa gemuk dengan bahasa Indonesia merupakan alat pelumas semi-cair untuk beberapa bagian utama, seperti bearing, as roda dan lain sebagainya. Untuk bidang industri alat berat pun sangat dibutuhkan, bahkan dalam jumlah yang besar.

Penggunaan motor matic yang praktis mampu menarik minat banyak pembeli, namun apakah kamu sudah paham betul tentang kebutuhan motor matic? Bagi kamu yang belum tahu, gemuk CVT motor matic memiliki 2 macam dan memiliki fungsi yang berbeda

Karena area CVT di motor matic memiliki pabrikan yang khusus, termasuk melumasi area CVT. Lantas, ada dua macam gemuk yang kerap digunakan di motor matic, yaitu Primary Sheave dan Secondary Sheave.

2 Perbedaan Fungsi Gemuk CVT di Motor Matic

Untuk motor matic tersedia dua jenis gemuk CVT, yaitu untuk bagian Primary Sheave dan Secondary Sheave. Meski bernama gemuk, namun dua benda ini memiliki fungsi yang berbeda untuk motor matic.

1. Primary Sheave

Gemuk CVT tentu berbeda dengan gemuk pada umumnya yang kerap digunakan dalam industri berat. Hal ini terkait kualitas atau komposisi minyak gemuk yang digunakan.

Primary Sheave memiliki komposisi dan teknologi yang berbeda, salah satunya lebih tahan panas dibandingkan Secondary Sheave.

Hal ini dikarenakan gemuk bagian Primary akan langsung berhubungan dengan kruk as motor. Kinerja Pulley bagian depan juga lebih berat dan harus menggunakan gemuk yang lebih tahan panas.

2. Secondary Sheave

Pada bagian Secondary, gemuk yang digunakan tidak memiliki ketahanan panas yang tinggi dibandingkan Primary Sheave. Secara umum, secondary sheave merupakan pulley utama pada bagian belakang CVT motor matic kamu.

Secondary sheave juga berfungsi untuk membantu menggerakan roda belakang berkat adanya V-Belt sebagai penghubung ke Primary Sheave.

Di sini tugas gemuk hadir guna memberikan pelumasan dan menjauhkan komponen dari debu atau partikel asing yang beresiko mengganggu performa motor.

Namun tidak semua motor matic membutuhkan gemuk, terlebih motor matik dari Honda yang sudah menggunakan Roller Pin Guide.

Pin Guide yang koefisien gesekannya akan terasa lebih ringan berkat penggunaan Ring/Roller.

BACA JUGA: 3 Fungsi Oli Gardan di Motor Matic Beserta Kelebihannya

Selain itu, motor dari Honda juga tidak memerlukan gemuk pada bagian Primary Sheave karena menggunakan Dry Lubricant berupa Metal Alloy khusus.

Satu-satunya bagian dari motor matic secara umum yang memerlukan gemuk adalah Needle Bearing. Secara khusus, gemuk yang diperlukan harus memiliki spesifikasi extreme pressure additive.

Bingung di mana membeli gemuk yang memiliki spesifikasi extreme pressure? TOP 1 Hi-Temp Grease siap menjadi alternatif gemuk untuk kendaraan kesayangan kamu!

TOP 1 Hi-Temp Grease merupakan pelumas padat yang dikembangkan khusus untuk pelumasan kendaraan, konstruksi dan pertambangan. Adapula beberapa keunggulan dari produk asli TOP 1 satu ini, antara lain:

  • Maximum Wear and Tear Protection

Dibuat dengan formula aditif khusus sehingga membuat komponen lebih tahan lama terhadap beban yang ekstrem.

  • Anti Rust, Corrosion and Oxidation

Perlindungan maksimal terhadap karat, korosi dan oksidasi di komponen penting kendaraan seperti bagian CVT.

  • Perfection for Heavy Vehicles and Equipment

Selain kendaraan yang kerap digunakan sehari-hari, kamu juga bisa menggunakan TOP 1 Hi-Temp Grease untuk peralatan berat sekalipun.

Bagaimana? Tertarik mencoba keunggulan produk TOP 1 Hi-Temp Grease? Beli produk asli dan terpercaya di bengkel langganan kamu. Atau, kunjungi langsung toko online resmi TOP 1 sekarang!

Rekomendasi untuk kamu:

Senin, 17 Februari 2020