Kamis, 7 November 2019

Merawat AC Mobil Tetap Dingin

AC atau Air Conditioner adalah salah satu perangkat terpenting di dalam mobil. Tentunya kita harus mendapat oksigen untuk bernapas saat menyetir. Anda bisa membuka jendela mobil, supaya udara bisa masuk ke dalam mobil. Namun, emisi kendaraan, lalu lintas yang macet, dan polusi kendaraan lainnya seperti telah memaksa kita untuk tidak membuka jendela. AC adalah solusinya, apalagi untuk anda yang tinggal di kota-kota industri.

Seringkali, AC yang bertugas mendinginkan, tidak menjalankan fungsinya dengan baik. AC bisa saja tidak membuat kita menjadi adem, namun justru memancing emosi karena terpaksa berjibaku dengan panas

 

Baca Juga : Oli Yamaha Fino Yang Bagus, Murah & Terbaik

 

Sabar dulu, Anda. Ada beberapa tips yang harus anda lakukan agar AC mobil tetap dingin. Perhatikan penjelasan di bawah ini.

Jaga Kebersihan Interior Mobil

Cara yang paling mudah supaya AC tetap dingin adalah dengan merawat kebersihan interior mobil. Karpet, lantai, plafon, jok, dan kabin mobil haruslah bersih sebersih-bersihnya. Interior mobil yang kotor bisa menghambat kinerja filter AC. Filter AC jadi ikut-ikutan kotor sehingga tidak bisa mengeluarkan dingin sebagaimana yang Anda harapkan.

Restart

Dalam bidang komputer, restart dapat menjadi kunci untuk mereset ulang program.. AC pun demikian, lho. Saat sedang menempuh perjalanan yang jauh, anda disarankan untuk mematikan AC selama beberapa waktu. AC perlu juga waktu bernapas dan beristirahat supaya tidak terjadi pembekuan pada salurannya. Perlu diingat juga, jangan mematikan mobil sebelum anda mematikan AC. Sebaliknya, jangan menyalakan AC sebelum anda menyalakan mobil.

Parkir dengan Bijaksana

Kalau anda parkir di tempat yang panas, jangan heran AC mobil bakalan ngambek. Terik matahari bisa memanaskan interior mobil dalam keadaan mati. AC jadi butuh waktu yang lumayan lama untuk mendinginkan mobil. Selain itu, beban pendinginan saat mobil sudah berjalan pun ikut bertambah.

Rokok Membunuh AC-Mu

Selain tidak baik untuk kesehatan anda, rokok pun dapat membunuh AC mobil Anda. Evaporatir AC berpotensi kotor karena menempelnya asap serta nikotin rokok. Lalu, bau mobil Anda bisa-bisa menjadi tidak sedap.

 

Baca Juga : TOP 1 HP Sport, Oli Terbaik Mobil Suzuki Ertiga 2019

 

Bersihkan

Saat anda sedang mencuci mobil, usahakanlah untuk membersihkan kondensor AC. Buka kap mesin, dan carilah mesin yang bentuknya mirip radiator. Lalu, semprot kencang dengan air. Kondensor harus bersih dari kotoran dan debu supaya tidak karatan juga keropos.

Cek Cek Cek

Sama seperti komponen lainnya, AC pun perlu dibawa ke bengkel untuk dicek kesehatannya. Anda harus memastikan setiap komponen AC bekerja dengan baik, seperti kompresor, receiver dyer, kondensor, evaporator, ekstra fan kipas, sampai freon.

Biasanya, komponen AC yang sering bermasalah adalah fanbelt/drivebelt yang putus, kondensor kotor, ekstra fan yang lemah/mati, magnetic clutch yang macet, kompresor aus, berlebihnya oli kompresor, tekanan sistem AC yang berlebihan, evaporator kotor/kesumbat, saluran tersumbat, termostart yang ngambek, dan sampai kekurangan air freon. Hal tersebut mesti anda cek secara rutin dan detail, Anda!

 

Baca Juga : Cara Merawat Radiator Mobil

 

AC dingin adalah salah satu penunjang kenyamanan kita dalam mengendarai mobil. Kalau tidak nyaman, bisa-bisa pengemudi jadi emosi, tidak tenang, menyetir pun malah tidak aman.

Di tengah-tengah kecepatan informasi dan tingginya mobilitas manusia di jalanan, AC juga jadi salah satu kebutuhan penting untuk membangun mood kerja, kencan, bahkan liburan. Badan yang dingin memicu pikiran yang tenang.

Jadi, jangan remehkan kesehatan AC mobil anda, ya. Tips-tips di atas bisa Anda terapkan supaya AC mobil tetap dan terus dingin.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters