Merawat Mesin Mobil di Musim Hujan: Jaga Kebersihan Ruang Mesin!

Merawat Mesin Mobil di Musim Hujan: Jaga Kebersihan Ruang Mesin!

Merawat mesin mobil di musim hujan merupakan sebuah kewajiban yang mutlak dilakukan pemilik mobil. Ini agar performa mobil selalu dalam kondisi yang baik penting bagi setiap pemilik mobil untuk merawat mesin mobil walau hampir setiap hari terkena Hujan.

“Yang pasti cek selalu kebersihan ruang mesin mobil. Karena biasanya pemilik mobil hanya membersihkan kap mesin saja setelah kehujanan, padahal mesin juga harus dijaga kebersihannya, jangan malas merawat mesin mobil” tukas Lucky Elfano, Technical Support Engineer Jakarta Timur.

Baca juga: Mengapa harus pakai oli Full Sintetis Untuk Motor

Air yang hujan yang tergenang di jalanan akan membasahi dan mengotori ruang mesin jika area kolong tak ada penutupnya. Dan menurut Lucky Elfano, air hujan yang mengandung asam bisa menyebabkan komponen mesin yang kotor akan mudah rusak.

Untuk membersihkan dan merawat mesin mobil tersebut, pastikan semua aliran listrik dalam keadaan mati. Komponen mesin mobil seperti badan blok silinder bisa dicuci pakai sabun colek. Untuk bagian kabel dan komponen kelistrikan sebaiknya tak perlu disikat dengan sabun, cukup dengan mengelapnya saja dengan lap lembab. Pastikan pula tak ada noda air yang tertinggal saat mengeringkannya.

Untuk merawat bagian yang berlumur oli pada mesin mobil, bersihkan dengan sabun colek atau bisa juga manfaatkan produk engine degreaser yang banyak dijual. Untuk menjangkau ruang sempit bisa juga gunakan kuas atau sikat gigi bekas. 

Setelah itu bilas bagian yang telah disikat menggunakan spray agar air tidak mengucur terlalu deras atau menciprat. Setelah itu keringkan dengan kanebo.

Berikut itu beberapa tips merawat mesin mobil di Musim Hujan yang mudah untuk anda lakukan sendiri, Ayo jangan malas merawat mesin mobil kamu ya sob!

Cek selengkapnya: www.top1.co.id

© PT Topindo Atlas Asia 2024