Mobil Manual VS Mobil Matic

Mobil Manual VS Mobil Matic

Kelebihan Transmisi Manual
- Mobil bertransmisi manual memiliki akselerasi yang lebih responsif dibandingkan mobil bertransmisi otomatis.
- Mobil bertransmisi manual sudah pasti memiliki sistem engine brake sehingga ketika turunan pengemudi dapat memainkan transmisi untuk meminimalisir penggunaan rem.
- Jika dapat mengoptimalkan cara berkendara dengan baik, mobil bertransmisi manual akan lebih hemat bahan bakar dibanding mobil bertransmisi otomatis.
- Perawatan mobil manual juga lebih mudah sehingga tidak akan mengeluarkan biaya banyak untuk melakukan servis. Anda cukup mengganti oli tiap 15.000 km.
- Harga mobil manual lebih murah dibanding otomatis, dan harga jual kembalinya lebih tinggi daripada mobil otomatis.

Kekurangan Transmisi Manual
- Kekurangan utama mobil bertransmisi manual adalah membuat kaki kiri lebih pegal karena harus sering memindahkan transmisi, terutama dalam keadaan lalu-lintas macet.
- Sulit dikendarai bagi pemula yang baru belajar mengemudi karena harus mengendalikan banyak fungsi, yakni gas, rem, kopling, dan persneling.

 

Kelebihan Transmisi Otomatis
- Pengemudi tak perlu repot melakukan pindah gigi ketika berkendara. Karena itu, kaki kiri pengemudi pun tidak akan terlalu pegal karena jarang bekerja.
- Sangat efektif untuk lalu-lintas yang macet karena tidak perlu sering-sering berpindah transmisi.
- Sangat mudah dikendarai karena pengemudi tinggal menginjak gas dan rem.

Kekurangan Transmisi Otomatis
- Perawatan mobil bertransmisi otomatis sangat repot dan mahal, terutama untuk penggantian oli yang lebih sering dan lebih banyak.
- Konsumsi bahan bakar mobil dengan transmisi otomatis lebih boros daripada mobil bertransmisi manual.
- Akselerasi mobil transmisi otomatis kurang begitu bertenaga dibanding mobil bertransmisi manual.
- Mobil transmisi otomatis tidak memiliki sistem engine brake sehingga ketika melalui jalanan turunan pengemudi harus selalu menginjak rem.
- Harga jual mobil transmisi otomatis lebih mahal dibandingkan mobil bertransmisi manual, dan harga jual kembali mobil bertransmisi otomatis lebih rendah daripada mobil bertransmisi manual.

© PT Topindo Atlas Asia 2024