Oli Gardan yang Cocok Untuk Performa Motor Honda Beat

Oli Gardan yang Cocok Untuk Performa Motor Honda Beat

Menggunakan oli gardan atau yang dikenal oli transmisi merupakan hal yang penting. Tentu bagi para pengguna motor matic, rasanya mengganti oli transmisi sama pentingnya dengan oli mesin.

Kerusakan fatal bisa saja terjadi di dalam komponen mesin bila kamu telat mengganti oli gardan maupun oli mesin.

Sebelum memahami lebih lanjut tentang oli gardan yang pas untuk motor matic, salah satunya Honda Beat.

Alangkah lebih baik mempelajari secara singkat mengenai oli gardan atau oli transmisi itu sendiri.

Fungsi Oli Gardan atau Transmisi

Oli gardan atau transmisi memiliki fungsi untuk melancarkan kinerja transmisi otomatis. Ada banyak komponen yang saling bergesekan dalam transmisi otomatis di motor matic.

Apabila transmisi otomatis di dalam motor matic tidak dilumasi dengan oli gardan, maka akan terdengar suara berisik pada bagian boks CVT di belakang.

Waktu Terbaik Ganti Oli Gardan

Banyak montir atau ahli di bengkel menyarankan mengganti oli gardan setiap dua kali mengganti oli mesin atau skala 2:1. Atau, setidaknya mencapai 5.000 km dalam jarak tempuh.

Oli gardan sendiri sedikit lebih awet, dalam artian hanya melumasi transmisi motor matic atau Honda Beat dan tidak memerlukan pergantian wajib di setiap bulannya.

Efek Ganti Oli Gardan Secara Rutin

Semakin rutin mengganti oli gardan sesuai waktunya, maka motor matic akan terhindar dari suara berisik dari bagian boks CVT.

Selain itu, perpindahan gigi otomatis akan tetap lembut dan lancar serta menunjang umur unit CVT motor matic, seperti yang terdapat di Honda Beat. 

Oli gardan juga mampu melumasi celah tersempit di gear CVT dan mampu menahan tekanan kerja dan termperatur yang tinggi terhadap daya pelumasan.

Oli Gardan yang Cocok Untuk Honda Beat

Khusus untuk motor, oli gardan tidak memiliki banyak perbedaan mencolok kecuali base-oil yang terdapat di masing-masing merek.

Sebagai contoh, mobil memiliki berbagai kekentalan oli gardan (SAE) yang bisa kamu pilih baik tipe multi-grade atau single-grade.

BACA JUGA: 4 Cara dan Tips Ganti Oli Gardan Motor Matic yang Aman

Motor sendiri memiliki transmisi yang tidak terlalu rumit dan kompleks, dan kebutuhan oli gardan motor tidak mencapai 1 liter.

Harga oli gardan motor juga lebih murah dan minim spesifikasi, seperti TOP 1 Action Matic Gear Oil yang dibedakan tergantung ukuran baik 100, 120 ml dan lain sebagainya.

Oli gardan TOP 1 juga memiliki kelebihan di standarisasi, baik dari SNI maupun kualitas Amerika Serikat. Barang juga dikemas dengan rapih dan menghasilkan pelumasan sempurna di transmisi motor matic Honda Beat kamu.

Yuk, gunakan oli gardan TOP 1 sekarang juga! Nikmati berbagai kemudahan pembelian melalui online di toko-toko resmi TOP 1, dijamin asli!

© PT Topindo Atlas Asia 2024