Paspor hilang saat traveling, jangan panik! Ini tipsnya

Paspor hilang saat traveling, jangan panik! Ini tipsnya

Saat kalian bepergian ke luar negeri  paspor adalah hal yang wajib dibawa. Selama di luar negeri, paspor menggantikan KTP sebagai kartu identitas. Karena itu, paspor harus dibawa ke mana-mana saat berada di negara orang. Sebaiknya, simpan paspor dalam tas seperti halnya keperluan penting lainnya agar tidak hilang. Namun, terkadang kalian sering ceroboh atau lupa sehingga paspor hilang saat traveling.

Baca juga: Merawat Mesin Mobil

Paspor hilang saat traveling merupakan salah satu masalah yang menyambangi kalian selama traveling, kemungkinan paspor hilang saat traveling itu nyata adanya. Kalau sampai terjadi, tips ini yang harus ditempuh.

  1. Melapor pada pihak berwajib. Segera laporkan pada polisi setempat perihal paspor hilang saat traveling atau mungkin tertinggal di satu tempat. Ceritakan kronologi kejadian paspor hilang saat traveling Polisi biasanya akan memberikanmu formulir untuk dilengkapi.
  2. Menghubungi KBRI setempat. Karena itu adalah lembaga delegasi Indonesia di luar negeri, mengubungi KBRI setelah tahu kalian mengalami paspor hilang saat traveling adalah keputusan yang bijak. Setelahnya, kalian akan diberikan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang berfungsi sebagai paspor sementara.
  3. Mengurus kehilangan paspor. SPLP sudah di tangan, namun kalian belum bisa bernapas lega. Setelah sampai di Indonesia, segera urus kehilangan paspor di kantor imigrasi terdekat.

Baca juga: Kelebihan Oli Full Synthetic Daripada Oli Biasa Untuk Mobil Kamu

Setelah tahu, coba persiapkan perjalanan kalian dengan lebih baik, jaga semua barang bawaan jangan sampai kejadian paspor hilang saat traveling menimpa kalian, sehingga makna traveling yang hakiki pun bisa kalian dapat.

© PT Topindo Atlas Asia 2024