Selasa, 20 Oktober 2020

Pengertian dan Arti Kode-Kode di Oli Mesin Kendaraan, Apa Saja?

Di pasaran saat ini, pelumas atau oli di kendaraan sangatlah beragam, baik itu motor maupun mobil. Ada banyak sekali brand besar dan terpercaya, yang menawarkan sejumlah oli mesin dengan kualitas nomor satu, sehingga sangat terjamin.

Meskipun banyak brand menawarkan kualitas oli terbaik, kita tetap saja harus pintar-pintar memilih oli yang tepat, kita bukan berbicara soal kualitasnya, melainkan kecocokan oli tersebut dengan kendaraan yang kita miliki, agar performanya tetap terjaga.

Maka dari itu, sebelum kalian membeli oli atau pelumas, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu arti kode oli yang banyak tertera pada kemasannya, guna mengetahui atau menyesuaikan oli tersebut dengan kebutuhan mobil.

Di kemasan produk oli saat ini, memang ada terdapat sejumlah kode yang memiliki arti tersendiri. Diyakini bahwa tidak semua pemilik mobil mengetahui detail penting tersebut, maka tidak heran jika mobil yang dikendarai tidak berjalan dengan optimal.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa arti kode oli yang ada di mesin kendaraan. Kira-kira apa saja?

Society of Automotive Engineers (SAE)

SAE merupakan salah satu badan internasional yang menjelaskan terkait tingkat kekentalan suatu oli. Bukan hanya itu saja, mereka juga memperlihatkan kemampuan oli tersebut guna menjaga stabilitas dari kekentalan terhadap pengaruh suhu messi maupun lingkungan.

Semakin kecil angka indeks SAE, maka oli mesin pun akan semakin cair. Begitu pula sebaliknya, seandainya angka indeks SAE besar, maka oli akan jadi lebih kental.

Angka indeks SAE kecil, biasanya digunakan pada daerah dengan temperatur suhu yang dingin atau bersalju, contohnya seperti di beberapa negara benua Eropa.

Umumnya, di negara yang memiliki temperatur suhu dingin, tingkat kekentalan olinya adalah SAE 5W - 35. Sementara di Indonesia sendiri, oli yang sering terlihat menggunakan SAE 10W - 30 atau SAE 15W - 50.

American Petroleum Institute (API)

API adalah kode sertifikasi dari kualitas oli yang berguna sebagai standarisasi oli di dunia. Bisa dibilang, ini adalah lembaga penguji sekaligus pemeriksa kualitas dari suatu oli yang digunakan di negara-negara Eropa maupun Amerika.

API mempunyai kode berbeda pada mesin bensin maupun diesel. Jika pada mesin bensin, API dimulai dengan huruf “S”, sedangkan diesel dimulai dengan huruf “C.

BACA JUGA: Pengertian Lengkap dan Arti Kode SAE di Oli Mesin

Umumnya, kode oli yang terdapat pada mesin bensin diantaranya ada SA, SB, SC, SD, SE dan SF. Sedangkan pada mesin diesel, kodenya diikuti dengan huruf “C”, mulai dari CA, CB, CC dan CD.

Kode-kode di atas sangat berpengaruh terhadap penggunaan oli mesin. Semakin tinggi huruf abjad kedua, maka oli yang digunakan untuk mesin bakal lebih berat lagi. Juga, huruf abjad kedua ini menandakan kualitas oli itu sendiri.

Apabila abjad lebih tinggi, maka oli mesin tersebut berhasil memenuhi standar dari persyaratan oli sebelumnya.

International Lubricant Standardization and Approval Committee (ILSAC)

Terakhir ada ILSAC. ILSAC menjadi standarisasi oli yang digunakan untuk beberapa mobil di Amerika serta Jepang. Dalam kode ILSAC, umumnya diikuti dengan kode GF-5 yang merupakan parameter uji dari oli tersebut.

Mulai dari uji fuel economy environment, simulasi deposit ruang bakar, piston dan masih banyak yang lainnya. Di Tanah Air, standarisasi ILSAC memang belum banyak kita temui di pasaran. Pasalnya, produsen oli di Indonesia lebih banyak menggunakan standarisasi API dibandingkan ILSAC.

Itulah arti kode oli yang perlu kalian ketahui, agar kalian jadi lebih pintar dalam memilih maupun memilih oli untuk kendaraan yang digunakan.

Jadi selalu penuhi kebutuhan dan spesifikasi oli mesin kendaraan kamu dengan pilihan oli yang tepat!

Guna menjaga performa mobil dan motor tetap prima, selalu gunakan oli yang sudah memenuhi kode dan standarisasi seperti TOP 1 Oil.

Baik dari kode oli mesin seperti SAE, API, dan turunan kodenya sudah diuji secara khusus dan resmi guna memenuhi klasifikasi dan spesifikasi berbagai macam kendaraan.

Tunggu apalagi? Ganti langsung oli mesin kendaraan kamu di bengkel kesayangan dengan produk TOP 1 sob!

Atau mau ganti sendiri? Bisa kok! Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia dan Shopee sekarang! 

Banyak promo menarik, diskon besar-besaran, gratis ongkir, hingga keaslian produk terjamin! 

Sudah beralih ke TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: