Rabu, 21 Oktober 2020

Penjelasan dan Pengertian Kode Oli di Mesin Bensin

Seluruh jenis oli mesin bensin, pasti memiliki beraneka ragam kode yang dicantumkan pada botol atau bungkus merk olinya. 

Kode-kode ini dicantumkan bukannya tanpa alasan, melainkan memiliki arti yang berbeda-beda untuk menandakan spesifikasi dari oli tersebut.

Maka dari itu, bagi kalian yang memiliki kendaraan, baik roda dua maupun empat, sangat dianjurkan untuk memahami arti dari masing-masing kode yang tercantum pada oli tersebut.

Bagi beberapa orang yang memang masih awam, mungkin akan sedikit pusing. Namun yang pasti, ini sangat penting untuk diketahui guna menjaga kesehatan kendaraan.

Pada kesempatan ini, kami akan memberitahukan beberapa kode oli mesin yang biasa tercantum atau terletak pada botol oli. Apa saja?

Standar Nasional Indonesia (SNI)

SNI menjadi salah satu kode wajib yang harus ada atau tercantum, di setiap botol oli yang beredar luas di Indonesia. 

Apabila oli tidak memiliki kode SNI, artinya oli tersebut seharusnya dilarang di pasarkan di Tanah Air, karena memang belum teruji.

Selain itu, kita juga khawatir seandainya oli yang tanpa mencantumkan SNI itu adalah oli palsu. Sehingga bisa jadi sangat berbahaya. Jika oli tidak memiliki kode tersebut, maka kualitasnya pun tak bisa dipertanggung jawabkan.

Society of Automotive Engineer (SAE)

Setelah SNI, ada SAE (Society of Automotive Engineer) yang dijadikan sebagai penanda dari kekentalan suatu oli. Setiap jenis mesin, biasanya membutuhkan kekentalan yang berbeda.

Dalam kode SAE sendiri, terdiri atas dua kategori pengkodean. Pertama ada monograde, yang biasanya ditandai dengan kode 2 angka, seperti SAE 40, lalu yang kedua ada multigrade, ditandai dengan kode 3 atau 4 angka, contohnya SAE 5W - 40, SAE 10W - 40 dan seterusnya.

American Petroleum Institute (API)

Sementara untuk API (American Petroleum Institute), menandakan suatu derajat dari performa oli ketika diterapkan pada mesin kendaraan. Kode dari API sendiri terdiri atas dua bagian, ada kode untuk mesin bensin dan mesin diesel.

Pada kendaraan bermesin bensin, biasanya ditandai dengan huruf yang diawali dengan huruf “S” (Spark). Dan kode huruf di belakangnya menunjukkan klasifikasi dari oli tersebut. Semakin besar huruf abjadnya, maka klasifikasi olinya semakin bagus.

BACA JUGA: Penjelasan dan Pengertian Kode Oli di Mesin Diesel

Semakin bagus klasifikasi tersebut, akan jadi jauh lebih baik perihal efisiensi bahan bakarnya, minimal deposit kerak dan semakin lama penurunan kualitas olinya.

Japanese Automotive Standards Organization (JASO)

Kode JASO (Japanese Automotive Standards Organization) ini mengartikan tingkat kesehatan suatu oli. JASO ini memiliki dua jenis kode berbeda, ada MA yang menandakan keset, dan MB yang menandakan licin.

Khusus untuk kode MA, dibagi menjadi da lagi, antara lain keset (MA1) dan lebih keset (MA2). untuk JASO MB yang licin, tidak terlepas dari yang namanya aditif khusus yang berperan untuk memperlancar laju oli pada ruang mesin.

International Lubricants Standardization and Approval Committee (ILSAC)

Terakhir ada ILSAC (International Lubricants Standardization and Approval Committee), yang menandakan tingkat performa oli dalam pembentukan sludge, mengurangi deposit kerak pada ruang dan juga emisi gas buang. 

Kebanyakan, oli yang dipasarkan di Tanah Air saat ini sudah memiliki spesifikasi ILSAC GF-5.

Sekarang, kalian sudah tahu apa saja kode oli mesin bensin. Dengan begini, seharusnya kalian bakal lebih selektif lagi dalam membeli oli untuk kendaraan kalian.

Jadi selalu penuhi kebutuhan dan spesifikasi oli mesin kendaraan kamu dengan pilihan oli yang tepat!

Guna menjaga performa mobil dan motor tetap prima, selalu gunakan oli yang sudah memenuhi kode dan standarisasi seperti TOP 1 Oil.

Baik dari kode oli mesin seperti SAE, API, dan turunan kodenya sudah diuji secara khusus dan resmi guna memenuhi klasifikasi dan spesifikasi berbagai macam kendaraan.

Tunggu apalagi? Ganti langsung oli mesin kendaraan kamu di bengkel kesayangan dengan produk TOP 1 sob!

Atau mau ganti sendiri? Bisa kok! Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia dan Shopee sekarang! 

Banyak promo menarik, diskon besar-besaran, gratis ongkir, hingga keaslian produk terjamin! 

Sudah beralih ke TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: