Rabu, 21 Oktober 2020

Penjelasan dan Pengertian Kode Oli di Mesin Diesel

Sekarang, kita telah disuguhkan dengan sejumlah pilihan oli mesin diesel yang banyak serta beragam. 

Sehingga, bagi para awam, hal tersebut bisa jadi sedikit memusingkan. Mengingat kita juga tidak boleh sembarangan membeli oli untuk mesin diesel.

Seandainya salah beli oli mesin diesel, bisa berakibat buruk bahkan fatal bagi kendaraan yang kita gunakan. Biasanya, pada kemasan oli selalu tercantum SAE (Society of Automotive Engineers), yang mana merupakan kode dari tingkat kekentalan (viskositas) oli.

Apa Itu Mesin Diesel?

Di Indonesia, mesin diesel mungkin tidak sepopuler bensin atau petrol engine. Namun hal tersebut tidak terjadi di benua Eropa. 

Walaupun popularitasnya mulai dikendalikan, data British Society of Motor Manufacturing and Trader, menunjukkan bahwa 50% mobil baru yang terjual di Uni Eropa bermesin diesel, bahkan di Perancis mampu mencapai 70%.

Mesin diesel di Indonesia, umumnya digunakan pada mobil bus, truk dan juga untuk keperluan industri dibandingkan kendaraan sehari-hari.

Jenis mesin ini telah dikenal sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1983 oleh Rudolf Diesel, yang patennya itu baru keluar pada 23 Februari 1893. 

Akan tetapi, mesin ini diaplikasikan pada mobil penumpang, setelah disempurnakan kembali oleh Charles F Kettering pada tahun 1900.

Dikarenakan teknologi dari diesel ini cukup khas, maka mesin diesel ini memiliki perawatan yang khusus, dimana salah satu kuncinya adalah dengan rajin memperhatikan pompa injeksi, injektor serta filter. Ketiga hal tersebut harus rutin kita bersihkan atau mengganti oli tepat waktu.

Maka dari itu, kita wajib mengetahui arti dari kode oli mesin diesel yang tepat, agar tidak salah beli oli untuk mobil diesel kesayangan kita.

Macam-macam Kode Oli SAE Mesin Diesel

Untuk kode SAE, ada beberapa macam yang bisa kalian gunakan untuk mesin diesel. Pertama, ada oli SAE 5W - 40, untuk mobil diesel dengan teknologi common rail. Setelah itu oli 5W - 30, yang dapat digunakan untuk mesin diesel ataupun mesin bensin.

BACA JUGA: Pengertian dan Arti Kode-Kode di Oli Mesin Kendaraan, Apa Saja?

Meskipun begitu, beberapa orang juga mengatakan bahwa oli 10W - 40 sangat cocok untuk digunakan, terutama untuk Toyota Kijang Innova beserta Toyota Fortuner diesel.

Lalu, oli 15W - 40 dapat dipakai untuk mobil dengan mesin diesel berusia di atas 5 tahun, atau jarak tempur di atas 70.000 km.

Klasifikasi Kode API di Mesin Diesel

Selain dari SAE, API (American Petroleum Institute) juga memiliki kode oli mesin diesel. Pada mesin diesel, mereka menggunakan huruf “C” sebagai tandanya.

Untuk kode API mesin diesel, ada beberapa klasifikasi yang perlu kalian ketahui, diantaranya:

  • CA = Digunakan untuk mesin diesel operasi ringan
  • CB = Digunakan untuk mesin diesel operasi sedang
  • CC = Digunakan untuk mesin diesel yang menggunakan turbocharger dengan operasi temperatur sedang
  • CD = Digunakan untuk mesin diesel yang menggunakan turbocharger dengan kandungan sulfur lebih sedikit

Meskipun begitu, saat ini sudah ada banyak produsen yang membuat oli “kode ganda” atau multigrade, artinya bisa digunakan untuk mesin bensin maupun diesel.

Sekarang, kalian sudah tahu apa itu mesin diesel, dan apa saja oli mesin diesel yang cocok untuk digunakan. Jangan sampai salah perawatan, ya!

Jadi selalu penuhi kebutuhan dan spesifikasi oli mesin kendaraan kamu dengan pilihan oli yang tepat!

Guna menjaga performa mobil dan motor tetap prima, selalu gunakan oli yang sudah memenuhi kode dan standarisasi seperti TOP 1 Oil.

Baik dari kode oli mesin seperti SAE, API, dan turunan kodenya sudah diuji secara khusus dan resmi guna memenuhi klasifikasi dan spesifikasi berbagai macam kendaraan.

Tunggu apalagi? Ganti langsung oli mesin kendaraan kamu di bengkel kesayangan dengan produk TOP 1 sob!

Atau mau ganti sendiri? Bisa kok! Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia dan Shopee sekarang! 

Banyak promo menarik, diskon besar-besaran, gratis ongkir, hingga keaslian produk terjamin! 

Sudah beralih ke TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: