Rabu, 27 Februari 2019

Pentingnya Mengganti Oli Mobil setelah Touring

Touring adalah kegiatan yang suka dilakukan oleh sebagian orang, terutama mereka yang tergabung ke dalam komunitas. Touring dengan jarak yang jauh tentunya akan menguras kinerja mobil, sehingga Anda perlu memperhatikan kondisinya setelah digunakan berhari-hari. Salah satu hal penting yang harus Anda lakukan setelah touring adalah mengganti oli.

Baca juga: Gak Cuman Kondisi Mesin, Perhatikan Juga Hal Ini Sebelum Touring

Oli berfungsi sebagai pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan. Dengan lapisan-lapisan halus yang terkandung di dalamnya, oli dapat meminimalisir benturan antar logam, mencegah goresan, atau keausan.

Mengganti oli setelah melakukan perjalanan jauh tak bisa dihitung dari waktu penggantian terakhir atau jarak tempuh, Anda harus mempertimbangkan faktor lainnya seperti kondisi cuaca dan jalanan. Jika selama touring Anda harus bermacet-macetan, terutama di siang hari, Anda berarti harus segera mengganti oli setelah kembali dari perjalanan.

Dalam kondisi macet, beban kerja mesin mobil Anda akan lebih berat karena kinerja alternator, blower, kipas listrik kondensor AC, serta kipas radiator mesin yang berlebihan. Hal ini dapat membuat oli lebih cepat menguap akibat suhu panas pada mesin. Pastikan Anda selalu memeriksa indikator kapasitas oli mesin untuk menghindari terjadinya gesekan berlebihan pada mesin karena kurangnya pelumas. Jika garis pada indikator berada di titik E berarti kapasitas oli telah berkurang.

Baca juga: Review Oli Motor Matic Terbaik, Oli TOP1 Evolution Matic 100% Synthetic

Pastikan Anda menggunakan oli yang tepat sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. TOP 1 bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Oli TOP 1 Evolution Series memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis mobil, mulai dari mobil sportcar hingga mobil LCGC. Oli TOP 1 secara resmi disetujui oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi dunia karena menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk setiap produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters