Perbandingan Kualitas Oli Motor Synthetic Dan Oli Mineral

Perbandingan Kualitas Oli Motor Synthetic Dan Oli Mineral

Terdapat dua jenis oli motor yang kerap digunakan di Indonesia. Kedua jenis oli tersebut adalah oli sintetik dan mineral. Keduanya berasal dari minyak bumi namun untuk oli sintetik, base oilnya diolah kembali dengan teknologi-teknologi canggih. Selain kedua jenis oli umum tersebut, terdapat juga oli semi sintetik. Oli ini penggabungan antara oli sintetik dan mineral.

Tentunya, kedua jenis oli tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, karena perkembangan teknologi yang semakin canggih, oli sintetik selalu direferensikan oleh banyak mekanik. Soalnya, kandungan material yang ada di oli sintetik jauh lebih baik dibanding oleh oli mineral.

Baca juga: Review Oli Matic Terbaik - TOP1 Evolution Matic

Beberapa perbandingan kualitas oli motor sintetik dan oli mineral.

Perbedaan mendasar pada kedua jenis oli ini adalah molekul dan strukturnya. Molekul dan struktur oli sintetik lebih seimbang dibanding oli mineral. Oli sintetik menggunakan base oil yang termasuk dalam oil group 4. Base oil ini didapat dari hasil proses kimia sehingga membuat oli terbebas dari sulfur, oksigen, logam-logam berat, dan hal-hal lain. Selain itu, oli full sintetik ini tidak mudah menguap serta pelumasan menjadi lebih rata.  Kelebihan lainnya adalah oli sintetik lebih awet dan melindungi mesin lebih dingin dan bisa berfungsi membersihkan mesin dari kerak oli.

Keunggulan oli sintetik bagi motor Anda:

  • Oli sintetik lebih stabil pada temperatur tinggi (less volatile)
  • Mengendalikan atau mencegah terjadinya endapan karbon para karbu mesin
  • Melumasi dengan baik serta melapisi logam
  • Mencegah terjadinya gesekan antar logam yang bisa membuat dinding karbu bocor dan rusak
  • Dapat membersihkan kerak-kerak bekas oli mineral di mesin motormu.
  • Oli mineral dan kelemahan
  • Oli mineral dibutuhkan ketika mesin (piston dan blok piston) dalam keadaan baru dianjurkan menggunakan oli mineral. Hal ini dikarenakan oli mineral memiliki struktur oli mineral yang tidak rata malah akan membuat komponen mesin baru bisa beradaptasi dengan mekanisme mesin motormu. Akan tetapi, kalau oli mineral tersebut digunakan secara terus menerus akan membuat mesin motormu kemungkinan cepat rusak. Struktur molekulnya tidak seimbang dan dapat meninggalkan kerak pada komponen mesin.

Kandungan Oli Sintetik Oli TOP 1

PAO Technology, membuat mesin menjadi lebih tahan di temperatur tinggi serta stabilitas kelekatan yang lebih baik

Mo3, teknologi khusus yang diciptakan oleh TOP 1 dengan e atom Molybdenum. Ketiga atom ini bertindak sebagai katalis yang membuat oli TOP 1 bertindak lebih cepat untuk memberikan proteksi mesin, masa pakai mesin menjadi lebih lama, hingga mengurangi keausan secara optimal bahkan dalam kondisi ekstrim.

X-tream Low Shear, teknologi TOP 1 yang memungkinkan pelumas untuk membentuk layer yang kuat dalam memproteksi mesin dan meminimalisasikan kerusakan baik mesin maupun pelumas motor matic kamu 

Baca juga: EWS OLI TOP1 SPONSOR RESMI MCLAREN CLUB INDONESIA

Gunakan Selalu Oli Top 1

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 secara resmi disetujui oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi sebagai oli standar pabrikan. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

© PT Topindo Atlas Asia 2024