Pilihan Busi untuk Yamaha Mio, Mesin Nyaman dan Kian Stabil!

Pilihan Busi untuk Yamaha Mio, Mesin Nyaman dan Kian Stabil!

Busi merupakan salah satu komponen yang kecil namun memiliki fungsi penting dalam proses pembakaran atau pengapian mesin kendaraan, baik itu motor maupun mobil. 

Bila dirawat dengan baik dan benar, maka busi bisa bertahan lama dan mampu membuat kinerja mesin tetap optimal, sehingga nantinya akan menciptakan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Memang faktanya busi sering dilupakan, bahkan beberapa konsumen tahu akan kata-kata busi namun tidak mengetahui bentuknya.

Faktanya, meski kecil namun pengapian di kendaraan bermula dari barang satu ini.

Dalam memilih busi yang baik dan benar, apa saja ciri-cirinya? Dan lalu bagaimana menjaga busi kendaraan tetap prima dalam waktu yang lama?

Tipe Busi Kendaraan

Busi kendaraan memiliki banyak tipe, bukan karena perbedaan untuk masing-masing kendaraan melainkan karena kandungan yang digunakan.

Faktanya, busi terdiri dari berbagai bahan-bahan yang kerap digunakan dalam waktu yang lama. Seperti kehadiran busi iridium yang menggunakan bahan iridium.

Selain ada bahan busi yang menggunakan nikel alloy, dan lain sebagainya. Perbedaan masing-masing bahan ini berfungsi dalam menjaga titik didih yang panas dari masing-masing kendaraan.

Besi maupun kandungan konduktor akan melebihi titik didih yang wajar, apalagi bisa hingga menembus ke 1,000 derajat celsius dalam waktu pemakaian yang lama. Fungsi busi satu ini guna menjaga kinerja mesin tetap aman dan nyaman.

Bahan-bahan busi seperti iridium mampu menjaga suhu yang tinggi, bahkan hingga waktu yang lama. Tentu titik didih yang tinggi akan membuat busi tetap awet, meski demikian busi tetap harus diganti secara berkala.

Lantas, kapan waktu ganti busi yang tepat?

Waktu Ganti Busi 

Sama seperti alat perawatan lainnya, busi memiliki masa atau waktu ganti berkala yang perlu diperhatikan. Komponen satu ini memiliki pemakaian dan waktu yang berbeda, baik motor maupun mobil.

Dalam mengganti busi untuk motor sendiri berada di jarak tempuh 6.000 sampai 10.000 kilometer. Atau dua kali ganti oli motor yang berada di 1-2 bulan pemakaian.

Proses penggantian ini sifatnya adalah anjuran, karena tidak baik membawa motor atau mobil dalam masa pakai yang sangat telat. Memakai busi harus diwaktu dengan penggunaan yang berkala.

Adapula beberapa gejala seperti kendaraan sulit dihidupkan, muncul gejala mudah berhenti, adanya pasokan udara di ruang bakar, hingga akselerasi yang tidak maksimal.

BACA JUGA: 4 JENIS OLI YANG SANGAT PENTING UNTUK MOBIL KESAYANGAN KAMU!

Mobil sendiri berada di kisaran 10.000 km sampai dengan 15.000 km karena memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingkan motor.

Tentu penggantian busi harus diperhatikan karena memang memiliki banyak perbedaan yang mencolok, apalagi di masa pakai.

Mobil membutuhkan 4 buah busi dalam sekali penggantian, sedangkan motor hanya membutuhkan 1 busi saja.

Tentu harga ganti mobil akan lebih besar dengan motor. Lantas, berapa harga busi yang dibutuhkan dalam sekali penggantian?

Harga Busi

Untuk penggantian busi sendiri berkisar di angka Rp65.000 untuk motor dan Rp300.000 sampai Rp380.000 untuk mobil.

Perlu digarisbawahi bahwa untuk harga busi ini untuk penggantian tipe yang disarankan atau terbaik yaitu busi ultra iridium.

Mengapa busi ultra iridium?

Selain karena memiliki daya tahan panas yang tinggi, busi ultra iridium sangat disarankan karena awet dan memiliki tingkat pengapian yang stabil sekali.

Busi Yamaha Mio

Pemilihan busi Yamaha Mio juga diperlukan bagi kamu yang membutuhkan saran, apalagi dalam menjaga motor matic satu ini tetap berjalan dengan baik dan mulus.

Kinerja busi yang baik akan menghasilkan tingkat pengapian yang stabil, dan tentunya menjaga kinerja motor lebih awet dan tahan lama.

Jadi meskipun harganya memang lebih mahal, namun kualitas pengapian yang stabil akan menjaga umur kendaraan lebih lama.

BUSI IRIDIUM DURATION dari TOP 1 merupakan salah satu tipe busi yang mampu menjaga pengapian mesin yang stabil dan aman dalam waktu yang lama. Tahan banting, kuat digunakan hingga waktu yang lama.

Penggunaan busi Yamaha Mio berada di kode AR7UI untuk merek Duration, yang bisa banget menjaga matic satu ini tetap awet.

Bahan Iridum berkualitas berguna menjaga kinerja tetap stabil dan aman dalam waktu yang lama. Tentu sangat diperlukan bagi kamu yang ingin menjaga kendaraan tersayang tetap awet sepanjang hari.

Tunggu apalagi? Mulai beralih ke BUSI IRIDIUM DURATION dari TOP 1 sekarang dan rasakan manfaatnya!

Atau beli langsung cukup di rumah aja, kunjungi toko resmi TOP 1 di Shopee dan Tokopedia sekarang sob!

Ada banyak diskon, promo gratis ongkir, dan kualitas produk sudah dijamin asli!

Yuk, mulai beralih ke TOP 1 sekarang!

© PT Topindo Atlas Asia 2024