Pilihan serta Harga Ganti Oli Daihatsu Ayla Secara Lengkap

Pilihan serta Harga Ganti Oli Daihatsu Ayla Secara Lengkap

Proses memilih serta rentang harga ganti oli Daihatsu Ayla memang sangat bervariasi. Pastikan kondisi setir kemudi kamu sehat selalu terjaga dan simak informasinya berikut ini!

Seperti yang kita ketahui bahwa mobil sudah menjadi kebutuhan tersendiri yang berfungsi sebagai penunjang aktivitas sehari-hari, seperti untuk ke kantor, belanja kebutuhan rumah, maupun hangout bareng temen-temen.    

Mobil LCGC(Low Cost Green Cost) seperti Daihatsu Ayla ini bisa dijadikan pilihan untuk digunakan sebagai kendaraan harian karena lebih irit dalam konsumsi bahan bakarnya.

Namun harus diperhatikan juga perawatan dari Daihatsu Ayla ini agar tahan lama.

Baik dilihat dari perawatan bodi mobilnya maupun keawetan komponen mesin didalamnya. Salah satunya dalam pemakaian oli mesin, perlu juga diketahui bahwa oli mesin memiliki fungsi lain. Yuk simak berikut ini.

Fungsi dan Manfaat Oli Mobil

Pada umumnya, Oli memang berfungsi sebagai pelumas mesin yang dapat mengurangi gesekan antara kompenen mesin agar menjaga kinerja mobil tetap optimal saat dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Jika terjadinya peningkatan suhu mesin melebihi batas saat mesin berjalan akibat gesekan mesin atau dari pembakaran, oli dapat meredam panas dan mendinginkan mesin dengan cara konduksi melalui dinding-dinding mesin.

Adanya salah satu zat aditif yang terkandung didalam oli mesin, dapat berfungsi baik dalam mencegah terjadinya karat pada komponen mesin mobil Anda.

Pada saat oli mesin berkerja di dalam mesin mobil, oli akan membentuk seperti lapisan tipis yang dapat merapatkan celah-celah antara silinder dengan piston pada mesin mobil.

lapisan tersebut juga mencegah terjadinya kebocoran kompresi dan tekanan hasil pembakaran. Hasilnya, kinerja mesin menjadi lebih maksimal.   

Waktu Ganti Oli Mobil

Faktanya dalam penggantian oli mobil perlu melihat beberapa variabel selain jarak tempuh, karena pada saat berhenti pun mesin tetap bekerja dalam menjaga mesin tetap optimal.

Lantas, mesin yang diam termasuk dalam proses bekerja sehingga memiliki potensi pergerakan dan perlindungan on-time. Dari pihak bengkel maupun pabrikan menyarankan penggantian oli mobil sebaiknya setiap 5.000 sampai dengan 10.000 km.

Atau waktu paling lambat penggantian oli mobil yaitu setiap 6 bulan sekali untuk mobil yang digunakan secara terus menerus. 

Perlu diingat bahwa melihat spesifikasi oli yang akan dipakai harus sesuai dengan kebutuhan karena mesin setiap pabrikan memiliki ciri khas masing-masing.

Untuk mobil keluaran terbaru biasakan memakai viskositas oli yang encer sedangkan yang lama menggunakan oli yang sedikit atau agak kental.

Beberapa tipe mobil keluaran terbaru memakai viskositas oli SAE 0W-20 dan keluaran lama atau menengah bisa menggunakan oli SAE 10W-40.

Pilih Oli Sintetis atau Oli Mineral?

Selain viskositas, fungsi, serta manfaat ternyata oli mobil juga ada tipe-tipenya, lho!

Oli memiliki beragam tipe yang bisa kamu pilih seperti oli sintetis atau oli mineral. Perbedaannya terletak pada komposisi dari oli serta teknologi yang berbeda-beda.

Untuk oli mineral biasanya harganya lebih murah dibanding sintesis, mengapa? karena kandungan didalamnya menggunakan Group I atau dasar. 

Sedangkan untuk kandungan didalam oli sintetis memiliki rentang Group III sampai dengan group IV yang memiliki banyak tambahan komposisi yang cukup mahal seperti aditif serta tambahan teknologi tertentu.

Keunggulan lain yang dimiliki oli sintetis yaitu lebih tahan lama dan tidak mudah menguap. Berbeda jauh dengan oli mineral yang bisa saja mengalami kekeringan atau habis dalam waktu yang kurang lebih cepat.

Jadi sesuaikan dengan kebutuhan mobil kesayangan kamu, namun tak ada salahnya juga loh jika kamu ingin merasakan kelebihan yang dimiliki oleh oli sintetis ini.

Harga Ganti Oli Daihatsu Ayla

Dalam menjaga kestabilan mesin serta mesin tetap optimal dibutuhkannya oli mobil yang baik dan berkualitas. Mobil juga akan terasa sangat berbeda dan membuat tahan lama.

Saat perawatan pada mobil, harga ganti oli juga kerap memiliki rentang harga yang berbeda. Lantas, berapakah biaya atau harga untuk ganti oli Daihatsu Ayla?

Rentang harganya sangat tergantung dari oli yang dipilih dan dari takarannya pemakaiannya. Harga ganti oli Daihatsu Ayla berada di kisaran Rp300.000 sampai dengan Rp700.000 sudah termasuk dengan penggantian filter olinya.

Lalu kira-kira oli apakah yang sesuai dengan Daihatsu Ayla kesayangan kamu?

TOP1 HP SPORT 0W-20 siap memanjakan Daihatsu Ayla kesayangan kamu! Kini berkemudi bukan hal yang menyebalkan lagi sob, rasakan sensasi berkendara yang nyaman dengan produk TOP 1!

Memiliki fungsi melindungi gesekan antar komponen, melumasi daerah mesin, serta menekan getaran secara optimal!

Yuk, cobain TOP 1 HP SPORT untuk mobil Daihatsu Ayla kesayangan kamu sekarang!

Beli secara online, lagi banyak promo menarik nih di Shopee dan Tokopedia resmi TOP 1. Rasakan juga beragam diskon menarik dan Xtra Gratis Ongkir!

Udah cobain TOP 1 belum?

© PT Topindo Atlas Asia 2024