Kamis, 25 Februari 2021

Rekomendasi Oli Mesin Nissan Grand Livina yang Tepat dan Cocok

Pasar mobil MPV memang tidak pernah habis-habisnya dibahas di Indonesia. Mengingat, Indonesia menjadi 5 besar negara dengan penduduk terbanyak di dunia bersanding dengan Amerika Serikat, Tiongkok, India, dan Rusia.

Lantas, banyaknya penduduk menjadi potensi pasar yang tinggi dengan menghadirkan mobil-mobil yang memiliki kapasitas luas.

Yap, Nissan juga tidak ketinggalan dengan produk-produk mobil MPV yang memukau, salah satunya adalah Nissan Grand Livina. Pabrikan mobil asal Jepang tersebut menyerang pasar tersebut sebagai segmentasi yang penting.

Hal ini didukung dengan tingginya penjualan tipe-tipe mobil MPV serupa dan Grand Livina merupakan jawaban, setidaknya dimulai pada tahun 2008.

Mobil satu ini sudah memiliki berbagai pembaruan, salah satunya perubahan total desain dengan nama All New Nissan Livina di tahun 2020.

Seri mobil satu ini sudah tampil dengan pembaruan bertahun-tahun, seperti tahun 2013 dan 2018.

Lantas, apakah masih layak menggunakan mobil Grand Livina di tahun 2020? Dan apa saja kelebihannya? Mari simak sob!

Eksterior Mobil Grand Livina

Mobil satu ini memiliki eksterior yang tidak membosankan meski sudah memadati jalanan Indonesia pada tahun 2008. Warna yang memukau serta tidak lupa desain yang ciamik khas Nissan.

Pada bagian depan mobil Nissan Grand Livina dihiasi guratan garis tegas di depan bersanding dengan logo Suzuki.

Tidak hanya itu, guna membawa konsep city car menawan pihak Nissan juga menambahkan lampu tambahan di sisi bawah bagian depan mobil dengan garis fairing tambahan.

Berbeda dengan bagian depan yang keren, sisi samping dan belakang mobil Grand Livina bisa dibilang sangat monoton.

Tidak ada guratan dan desain yang hebat selain penampilan mobil MPV pada umumnya. Warna dan penempatan stop lamp yang simpel juga terlihat pada eksterior Grand Livina.

Bagian luarnya yang simpel semakin menandakan mobil MPV yang umum dilihat di jalanan. Hanya postur yang agak berbeda dari Livina karena agak condong di bagian depan ke belakang.

Bagaimana dengan interiornya? 

Interior Mobil Grand Livina

Untuk bagian dasbor sendiri didominasi dengan warna hitam dan tekstur kulit jeruk yang menghiasi sisi depan. Ada bagian laci kecil di sisi kiri penumpang bagian depan dan ada layar sentuh.

Tombol atau kustomisasi juga ramai menghiasi bagian kemudi, terlebih pengaturan AC di tengah, hazard, monitor parkir, dan AUX/IN. Sistem kali ini, juga membawa beberapa teknologi terbaik di seri Nissan Grand Livina, seperti ABS dan lain sebagainya.

Untuk beberapa seri juga Nissan sudah membawa fitur pengaman yaitu Safety Airbag yang meminimalisir luka bagi para pengendara.

Mobil satu ini mampu menampung hingga 7 orang penumpang dengan kursi yang nyaman lewat tekstur kulit.

Kemudi setir membawa logo khas Nissan dan aksen warna hitam dan krem kulit. Teknologi lain dari Grand Livina adalah sistem pengaman rem serta lampu yang sudah membawa teknologi LED di seri terbaru.

Meskipun menggunakan halogen di seri lama, Nissan Grand Livina mampu menghasilkan daya sinar yang cukup kuat.

Penyebaran AC juga cukup menyeluruh, tepatnya di bagian atap tengah yang menghembuskan AC hingga ke bagian belakang.

Tentu interior ini cocok untuk mobil-mobil tipe MPV seperti Grand Livina. Bagaimana dengan mesin?

Mesin Mobil Grand Livina

Grand Livina atau yang dikenal dengan kode New HR15DE merupakan seri mobil MPV dari Nissan yang membawa teknologi kenyamanan dan keamanan untuk keluarga.

Mampu menampung daya angkut yang tinggi dan memiliki desain yang memukau. Selain itu, bagian mesin ini juga mampu diandalkan di berbagai medan perjalanan.

Nissan Grand Livina sudah diperkuat dengan teknologi mesin DOHC and Twin VTC guna menghasilkan tarikan yang halus dan responsif. Teknologi lain yang diadaptasi Nissan adalah ECCS atau Electronic Concentrated-Engine Control System.

BACA JUGA: MENGENAL 5 TIPE-TIPE BUSI YANG BAIK UNTUK KENDARAAN KESAYANGAN

Hasil ini akan membuat tarikan mobil satu ini lebih aman karena memiliki kapasitas mesin hingga 1.499 cc. Tenaga yang kuat diwujudkan juga dengan 104 Ps / 6,000 rpm dengan torsi hingga 141 Nm / 4,000 rpm.

Harga yang dipatok untuk mobil Nissan Grand Livina produksi tahun 2015 hingga seterusnya berkisar di angka Rp 200 juta.

Untuk informasi lebih lengkapnya yuk simak spesifikasi Nissan Grand Livina di bawah ini:

Spesifikasi Mobil Grand Livina

  • - Mesin: 4 Cylinder Inline, 16 Valve, DOHC and Twin VTC
  • - Kapasitas Mesin: 1498 cc / 1500 cc
  • - Daya Maksimum: 109 Ps / 5,600 rpm
  • - Torsi Maksimum: 141 Nm / 4,000 rpm
  • - Sistem Starter: Elektrik
  • - Sistem Bahan Bakar: Bensin (ECCS)
  • - Kapasitas Bahan Bakar: 52,4 Liter
  • - Tipe Kopling: Wet Clutch Transmission
  • - Tipe Transmisi: HWS CVT - Manual / 6 Percepatan dan Matic / 4 Percepatan
  • - Warna Grand Livina: Dark Red Metallic, Grey Metallic, Solid White, Solid Black, Dark Blue Metallic

Oli Mobil Grand Livina

Setelah memahami kehebatan teknologi yang dihasilkan oleh Nissan Grand Livina tentu sangat diperlukan langkah berikutnya yaitu perawatan.

Dalam hal ini, perawatan bisa meliputi beberapa hal, seperti menjaga kinerja mobil tetap aman, mengganti spare part, dan melakukan uji berkala pada komponen mobil.

Penggantian oli mesin merupakan salah satu langkah perawatan berikutnya yang perlu dipahami.

Kapasitas oli mesin Grand Livina berada di angka 4 liter atau 3,8 liter dengan filter oli. Spesifikasi Nissan Grand Livina menggunakan tipe 5W-30 atau 10W-40 untuk versi lama.

Berbeda dengan mesin Nissan All New Livina yang menggunakan tipe 0W-20 karena keluaran terbaru.

Setelah mengetahui kapasitas oli Nissan Grand Livina dan viskositas olinya, lantas pilihan oli apa yang baik untuk mobil satu ini?

TOP 1 ZENZATION 5W-30 siap jadi pelindung mesin mobil Grand Livina kesayangan kamu sob! Memiliki kandungan sintetis serta teknologi terbaik di kelasnya, apalagi dengan harga yang terjangkau.

Teknologi Ester Fortified akan menjaga kinerja mobil aman sejak pertama kali mesin dihidupkan.

Mobil satu ini akan menjadi lebih mulus di segi tarikan, tentu tidak salah menjaga kinerja mobil agar aman di segala medan dengan pilihan pelumas mesin yang tepat!

Tunggu apalagi? Ganti oli kamu dengan produk TOP 1 ZENZATION sekarang di bengkel-bengkel kesayangan!

Atau beli secara online, lagi banyak promo menarik nih di Shopee dan Tokopedia resmi TOP 1. Rasakan juga beragam diskon menarik dan Xtra Gratis Ongkir!

Udah cobain TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: