Rekomendasi Oli untuk Motor Matic yang Baik dan Optimal

Rekomendasi Oli untuk Motor Matic yang Baik dan Optimal

Menjaga performa motor matic akan kian optimal bila memiliki perawatan yang baik. Tentu bila motor matic rusak akan menjadi mimpi buruk bagi semua orang.

Memilih oli untuk motor matic menjadi penting digunakan, apalagi merawat secara rutin.

Kinerja motor matic yang baik juga memerlukan kualitas oli tertentu untuk dapat menyesuaikan kebutuhan beberapa pabrikan kendaraan.

Maka dari itu, pada motor matic perlu menggantinya secara berkala apalagi dalam merawat performa kendaraan agar terhindar dari masalah di tengah perjalanan.

Fungsi Oli Mesin

Fungsi oli mesin di motor juga tidak kalah penting, apalagi untuk tipe-tipe motor dengan cc yang tinggi. Memang faktanya, motor merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Motor memiliki rentang komponen yang besar dan kecil, tergantung dari rentang produksinya. Maka dari itu, tidak heran bila oli motor bisa dibilang lebih laris dibandingkan mobil dari segi kuantitas.

Fungsi dari oli mesin adalah melindungi komponen, membersihkan mesin dari dalam, hingga menjaga suhu tetap stabil di segala kondisi.

Komponen mesin yang terus bergerak akan menghasilkan efek panas serta benturan piston kepada sistem pengapian. Untuk mengurangi efek kasar yang dihasilkan oli mesin motor maka oli berfungsi untuk melindungi bagian tersebut.

Waktu Ganti Oli yang Tepat

Lalu kapan waktu yang tepat mengganti oli motor? Pertanyaan ini cukup sering diucapkan oleh berbagai macam pengendara. 

Memilih waktu yang tepat juga sangat bervariasi, tidak hanya memiliki jajaran waktu atau jarak saja lho!

Untuk kendaraan roda 2 seperti motor sendiri bisa berkisar di angka 2.000 km sampai dengan 5.000 km. Dalam rentang waktu sendiri, motor disarankan mengganti oli 1 sampai 2 bulan sekali.

Namun waktu ganti memang sangat bervariasi, tergantung juga aktivitas yang dilakukan oleh kendaraan tersebut. Bila pekerjaan yang digeluti berpangku pada kendaraan bisa jadi waktu ganti oli lebih singkat lagi.

Pekerjaan seperti ojek, taxi, kurir, dan lain sebagainya yang memakan waktu lebih lama dalam berkendara perlu cek rutin kendaraan setidaknya 2 minggu sekali atau sebulan sekali.

Perbedaan Jenis Oli Motor

Ketika memilih oli mesin motor terbaik, banyak juga jenis yang harus kamu pahami karena pada dasarnya ada berbagai klasifikasi yang berbeda.

Hal-hal yang penting di motor adalah menjaga mesin dari panas dan aus. Ada jenis-jenis oli mesin yang banyak beredar di pasaran, namun 3 di antaranya adalah yang paling populer yaitu oli mineral, oli campuran sintetik, hingga oli full sintetik.

Tipe oli mineral merupakan jenis oli yang paling murah karena tidak menggunakan zat aditif terlalu banyak dan tanpa kandungan sintetik, murni dari penggalian minyak bumi. Oli jenis ini juga lebih mudah menguap karena minim teknologi.

Lalu ada oli campuran sintetik atau biasa disebut synthetic-blend. Jenis oli mesin satu ini merupakan oli paling laku di pasaran, selain karena harga yang terjangkau dan teknologinya sudah bermacam-macam karena adanya campuran sintetik.

Terakhir adalah full sintetik, jenis oli mesin matic yang paling mahal karena memiliki zat aditif terbaik serta kandungan sintetik 100%. 

Kelebihan oli satu ini adalah mampu menjaga mesin lebih awet, lengket, menyeluruh, dan tidak mudah menguap atau kering.

Oli Untuk Motor Matic

Guna menjaga kinerja motor matic yang baik, diperlukan kebutuhan yang menyesuaikan dengan spesifikasi kendaraan.

Apakah motor matic kamu termasuk yang baru atau lama? Jadi perlu perhatian khusus serta menyesuaikan dengan pabrikan motor masing-masing.

TOP 1 Action Matic merupakan salah satu pilihan oli motor sintetik terbaik dari TOP 1 dan sudah lama beredar di pasaran.

Oli satu ini juga sudah memiliki kandungan sintetik sehingga kinerja motor akan lebih nyaman dan optimal!

Banyak teknologi menarik dan canggih untuk seri oli mesin motor matic satu ini, bahkan sudah mengandung kandungan oli sintetik yang lebih tahan lama serta tidak mudah menguap.

  • - Standar JASO-MB 2016: Membuat mesin gesit, bahan bakar tetap irit! Kualitas pelumas sudah melampaui standar oli terbaru untuk motor-motor pabrikan dari Jepang.
  • - Anti-Wear & Anti-Corrosion Additives: Dapat menjaga dan merawat kebersihan mesin, karena memiliki aditif khusus yang mampu membersihkan dan mencegah kotoran melekat dan membentuk endapan.
  • - Maximum Protection: Perlindungan dan masa pakai yang lebih tahan lama karena memiliki kadar sintetik yang lebih tinggi dari merek oli lain dengan harga sekelasnya.

Tunggu apalagi? Percayakan jenis oli motor terbaik untuk matic dengan kualitas oli yang baik dan nyaman untuk masing-masing kendaraan.

Yuk mulai ganti oli mesin motor matic kamu dengan TOP 1 Action Matic sekarang di bengkel-bengkel terdekat! Atau kunjungi toko online resmi TOP 1 di berbagai ecommerce di sini!

© PT Topindo Atlas Asia 2024