Review Toyota Etios Valco: Rekomendasi Oli, Teknologi dan Spesifikasi Lengkap

Review Toyota Etios Valco: Rekomendasi Oli, Teknologi dan Spesifikasi Lengkap

Toyota Etios Valco ini pertama diperlihatkan pada tahun 2013 silam. Dengan segmen small hatchback membuat cocok di wilayah perkotaan. 

Akan tetapi, meski cocok di wilayah perkotaan, mobil satu ini tidak menyediakan varian transmisi otomatis.

Selain daripada itu, Toyota Etios Valco juga namanya kurang populer dikarenakan memiliki desain yang bagi beberapa orang dianggap kurang menarik. Plat body terlihat tipis serta kualitasnya mirip LCGC, namun lebih mahal.

Di segmen hatchback 1200 cc, Etios Valco menjadi salah satu rival berat bagi Honda Brio, Nissan March 1.2, Mitsubishi Mirage, KIA Picanto serta Hyundai i10.

Hannya saja, mobil tersebut kurang begitu populer untuk sekelas merk “Toyota”, dikarenakan dicap tanggung serta tidak memiliki varian matic-nya.

Eksterior Mobil Toyota Etios Valco

Desain eksterior Etios Valco ini bisa dibilang terlihat kurang menarik, serta tidak mempunyai ciri khas atau keunikannya. Tidak terkesan sporty, tidak terkesan futuristik bahkan tidak terkesan feminim, seperti beberapa mobil pada umumnya.

Desain yang diusung terkesan biasa saja, tidak ada sisi yang menarik perhatian sama sekali. Bahkan tidak sedikit yang mengatakan jika desain mobil Toyota Agya jauh lebih manis ketimbang ini.

Mobil ini dilengkapi dengan grill depan berupa 2 buah garis chrome, yang menghubungkan sepasang headlamp. 

Bumper bawahnya terlihat cukup baik, memiliki sedikit polesan sporty dengan bumper yang dilengkapi sepasang foglamp. Jika kita lihat dari samping, nampak bondetnya cukup panjang untuk mobil seukurannya.

Interior Mobil Toyota Etios Valco

Toyota Etios Valco memiliki interior yang didominasi oleh warna hitam, sedangkan material dashboard-nya masih menggunakan bahan plastik keras, layaknya small hatchback di segmennya.

Desain speedometer mobil ini terlihat lebih sporty ketimbang mobil Yaris, walaupun tak terlihat lebih mewah. Fiturnya sendiri, Toyota Etios Valco hadir dengan cooler yang tertutup di dalam glovebox.

Sedangkan fitur lainnya bisa dibilang masih standar lah, mulai dari pengaturan AC yang masih analog, head unit 2-din dan Steering Wheel Audio Control Switch. 

Fitur safety berupa Dual Airbags sudah disematkan di seluruh varian, sedangkan ABS, EBD dan Brake Assist hanya tersedia pada varian Tom’s dan G. 

Mesin Mobil Toyota Etios Valco

Mobil besutan Toyota ini hadir dengan disematkan mesin 3NR-FE DOHC berkapasitas 1197cc. 

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum sampai 80 Ps pada putaran mesin 5600 rpm serta torsi puncak 104 Nm di putaran mesin 3,100 rpm.

BACA JUGA: 4 Fungsi Penting Power Steering di Mobil, Apa Saja?

Tenaga mesin ini disalurkan ke roda depan, melalui manual 5-percepatan. 

Akan tetapi, tenaga dan juga torsi mobil ini masih di bawah Toyota Agya. Selain daripada itu, tiadanya Dual VVT-i, membuat akselerasi mobil jadi kurang merata dan terkesan lemah di putaran atas.

Spesifikasi Mobil Toyota Etios Valco

  • - Mesin: 1.2L 3NR-FE DOHC 16 Valve 4 Cylinder
  • - Kapasitas Mesin: 1197 cc / 1200 cc
  • - Daya Maksimum: 80 PS / 5600 rpm
  • - Torsi Maksimum: 104 Nm / 3100 rpm
  • - Sistem Starter: Elektrik
  • - Sistem Bahan Bakar: Bensin - EFI
  • - Kapasitas Bahan Bakar: 45 Liter
  • - Tipe Kopling: Transmisi Manual
  • - Tipe Transmisi: Manual / 5-Percepatan
  • - Warna Toyota Etios Valco: White, Silver Metallic, Red Mica Metallic, Grey Metallic, Black Mica, Blue Metallic

Oli Mobil Toyota Etios Valco

Untuk menjaga performa mobil Toyota Etios Valco lebih baik diperlukan kualitas serta spesifikasi oli yang tepat. Kebutuhan ini penting agar kinerja mesin tidak mengalami gangguan major.

Untuk spesifikasi sendiri pihak Toyota Motors menyarankan penggunaan oli tipe 10W-40 untuk tipe bensin.

Keperluan oli dari Toyota Etios Valco sendiri berkisar di angka 4 liter sudah termasuk dengan filter oli yang penting untuk menjaga kualitas oli dari endapan.

Selain itu perlu oli dengan kandungan sintetis untuk mobil satu ini serta kemampuan Ester Fortified yang mampu menempel mesin lebih erat dan lama untuk melindungi secara maksimal.

TOP 1 ZENZATION 10W-40 bisa jadi pilihan kamu untuk menjaga mobil satu ini lebih kuat, bertenaga, dan terlindungi secara maksimal di berbagai kondisi.

Kenapa memilih oli satu ini? Selain kandungannya yang sudah memiliki bahan base oil sintetis, TOP 1 ZENZATION juga sudah dilengkapi teknologi Ester Fortified yang cocok untuk menjaga kinerja Etios Valco lebih baik.

Tunggu apalagi? Ganti oli mobil kamu sekarang di bengkel-bengkel mobil terdekat sob!

Atau, Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia dan Shopee sekarang! 

Banyak promo menarik, diskon besar-besaran, gratis ongkir, hingga keaslian produk terjamin! 

Sudah beralih ke TOP 1 belum?

© PT Topindo Atlas Asia 2024