Selasa, 10 Desember 2013

Alasan konsumen Indonesia suka pakai Brake Fluid merah

Rem merupakan piranti yang sangat vital bagi sebuah kendaraan. Entah itu kendaraan roda dua maupun roda empat, pastinya membutuhkan piranti penahan laju tersebut.

Pada dasarnya, khususnya rem kendaraan yang telah menggunakan teknologi rem saat ini, seperti rem cakram, tak lagi menggunakan tali atau kabel untuk menggerakkan kampas agar bisa memberhentikan pergerakan roda. Sebagai gantinya, saat ini telah digunakan brake fluid atau cairan rem.

Di Amerika ataupun negara-negara lain di Eropa, pemilik mobil biasanya menggunakan brake fluid berwarna bening atau clear. Namun ini bertolak belakang dengan konsumen di Indonesia yang justru lebih suka menggunakan cairan rem yang berwarna merah.

Menurut Henry Sada, Operational Director PT Autochem Industry selaku distributor resmi Prestone Brake Fluid, menjelaskan bahwa warna itu hanya seperti tradisi atau kebiasaan saja. "Dengan menggunakan brake fluid warna merah akan lebih mudah untuk dilihat apalagi jika ada selang rem yang bocor," tambahnya.

Prestone brake fluid

Untuk fungsinya sendiri, menurut Henry tidak ada pengaruhnya. Jadi semata mata hanya untuk tampilan saja. "Untuk memenuhi permintaan warna merah tersebut, Autochem pun menggelontorkan Prestone Brake Fluid dengan dua warna, yakni merah dan clear untuk pasar di Tanah Air. Untuk menjaga kualitas, kami pun mengimpor pewarna tersebut," tukas Henry.

Bahkan ketika Autochem Industry mengungkapkan kebiasaan konsumen Indonesia yang suka dengan brake fluid berwarna merah kepada Prestone USA, pabrik Preston asal Negeri Paman Sam tersebut terheran-heran sambil menggeleng-geleng kepala.

(kpl/tr/sno)

Rekomendasi untuk kamu:

Selasa, 10 Desember 2013
Selasa, 10 Desember 2013
Newsletters