Bebas polusi, motor niaga roda 3 listrik asal China

Bebas polusi, motor niaga roda 3 listrik asal China

Kendaraan unik dari luar Indonesia terlihat membanjiri pameran INAPA 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Salah satunya datang dari motor roda tiga asal China, Chenhong Electric Tricycle karya Zibo Guanping Vehicle Co. ,Ltd . Motor energi tanpa bahan bakar konvensional ini hadir di Hall C JIEXPO Kemayoran.

Perusahaan yang memfokuskan dalam membuat kendaraan roda tiga bertanaga listrik ini menawarkan berbagai macam model sebagai alat angkut penumpang dan barang.

"Kami ingin menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan, cepat, praktis dan multifungsi dengan harga yang terjangkau," jelas Jane Liu, Marketing Zibo Guangping Vehicle Co. ,Ltd.

Zibo yang memboyong 2 kendaraannya yaitu Leisure Tricycle yang menyerupai tuk-tuk (angkutan umum khas Thailand) dan Prince untuk mengangkut barang ini ternyata cukup populer di beberapa negara di Asia seperti India, Thailand, Vietnam bahkan di sampai ke Meksiko. Mesin yang digunakan berdaya antara 350W hingga 1.200W, tergantung kebutuhan tenaga.

"Sebenarnya kita tidak hanya menyediakan model untuk penumpang dan barang, tetapi juga model yang menarik, yaitu Dining Tricycle. Produk ini cukup laku di Meksiko karena di sana banyak jajanan pinggir jalan. Mungkin saja bisa diterapkan dis ini mengingat di Indonesia banyak penjual makanan dan minuman pinggir jalan," jelasnya.

Uniknya Zibo menerima pesanan khusus bagi pelanggan yang memiliki desain sendiri. "Kami terbuka menerima ide desain-desain dari pelanggan. Jika memungkinkan bisa saja kami produksi massal," tutup Jane.

Saat ini kendaraan roda tiga ini masih berada dalam tahap pengenalan dan mencari distributornya di Indonesia.

(kpl/fid/fjr)

© PT Topindo Atlas Asia 2024