Bocah 13 tahun ‘corat-coret’ truk seharga Rp 700 jutaan

Bocah 13 tahun ‘corat-coret’ truk seharga Rp 700 jutaan

Menggambar atau membuat kalimat-kalimat 'nyeleneh' di bak belakang atau samping truk barangkali sudah lumrah dilihat. Tapi bagaimana dengan lukisan airbrush di kepala truk baru? Ini mungkin unik karena dilakukan oleh seorang bocah SMP.

Bertepatan dengan pembukaan pameran International Indonesia Bus & Truck (IIBT) di JIExpo Kemayoran Jakarta, Selasa (26/3), Andre Setiawan , pelajar kelas 2 SMP Angkas Bandung mengguratkan lukisan airbrush ke media kepala Shacman F3000 Tractor Head Cummins bertenaga 345 hp. Hampir seluruh kepada heavy duty truck ini digambar segerombolan bison yang sedang berlari.

Airbrush hasil karya bocah 13 tahun

“Ini ide saya sendiri memilih bison karena binatang ini besar dan sangat kuat, supaya punya kesan yang kuat sama truk yang saya lukis. Lukisan bison sesuai dengan kekuatan truk yang saya lukis,” cetus Andre.

Bocah yang gemar melukis sejak SD ini mengaku membutuhkan waktu 3 hari untuk melukis, dan konsep gambar dilakukan secara spontanitas tanpa proses yang berbelit-belit. Namun hasilnya tertap terlihat sebagai sebuah karya seni yang indah meski dilakukan oleh seniman cilik.

Aksi airbrush bocah 13 tahun

“Saya baru pertama kali melukis truk, dan saya senang melakukannya. Sebelumnya saya sering melukis airbrush di motor. Melukis di trus enak juga, makanya saya juga punya keinginan melukis seluruh badan truk, tidak hanya bagian kepalanya saja,” ungkap Andre yang bercita-cita menjadi pelukis terkenal.

Hasil karya Andre ini kemudian diberi penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pelukis cilik pertama yang melukis airbrus dengan media truk.

MURI

Truk yang dilukis Andre ini nantinya akan dilelang, dan hasil penjualannya kemudian disumbangkan kepada Yayasan Reach Out Foundation. Yayasan ini selanjutnya menyalurkan hasilnya kepada anak-anak berprestasi di seluruh Indonesia. Truk tersebut dijual dua kali lipat dari harga aslinya senilai US$ 71.000 atau setara dengan Rp 700 jutaan.

“Ini kami lakukan juga dalam rangka kepedulian kami kepada anak-anak Indonesia yang berprestasi. Makanya kami memberikan Body F3000 Tractor Head Cummins kepada Andre untuk dijadikan media kanvas melukis,” ujar Roberto L. Gaol, Presiden Direktur PT Shacmindo Perkasa selaku agen tunggal truk Shacman di Indonesia.

PT Shacmindo Perkasa sendiri sudah menjual tipe CNG Truck ke pasar Indonesia. Truks asal Cina ini adalah produsen terbesar CNG/LNG Truck di dunia, dan selama 8 tahun telah melepas lebihb dari 80 ribu unit ke pasar global.

Truk Shacman

(kpl/nzr/abe)

© PT Topindo Atlas Asia 2024