Guinness World Record: motor tercepat

Guinness World Record: motor tercepat

Beberapa produsen motor di dunia berlomba untuk menciptakan produknya agar dapat melaju dengan kecepatan tinggi. Hal ini biasanya bertujuan untuk digunakan dalam arena balap ataupun sekadar piranti untuk uji coba.

Hal terakhir inilah yang dilakukan TOP 1 Oil USA. Untuk menjajal keunggulan pelumasnya, produsen pelumas sintetik ini, pada 28 September 2008 silam, melalui pembalapnya Rocky Robinson mencoba TOP 1 Ack Attack Streamliner di Bonneville, Salt Lake, Utah, Amerika Serikat. Saat itu Rocky berhasil membukukan rekor kecepatan 580,83 kpj.

Rekor TOP 1 Ack Attack Streamliner ini tercatat berhasil mengalahkan kecepatan mobil F1 BMW Williams pada tahun 2004, dengan kecepatan mencapai 369,9 kpj. Serta rekor kecepatan dunia untuk MotoGP 347 kpj yang dicetak oleh Casey Stoner (Ducati) pada Race di Shanghai 2008 lalu.

Rekor ini juga diakui oleh badan olahraga sepeda motor dunia yakni FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme), dimana rekor Rocky ini mempunyai selisih 25 kpj dari lawan terkuatnya pembalap Chris Carr dari tim BUB Seven dengan catatan rekor 564,693 kpj di tahun yang sama.

Di tahun 2010, Rocky Robinson kembali membuktikan impiannya untuk memecahkan rekor dunia sepeda motor tercepat di ajang 'Speed Motorsports Cook Top Shootout 2010' dengan menorehkan hasil kecepatan 605,637 kpj.

TOP 1 Ack Attack Streamliner adalah sepeda motor berbentuk peluru yang dirancang aerodinamis. Sepeda motor ini semakin sempurna karena dibungkus dengan sasis utama berbentuk pipa chromemoly tube yang menghubungkan kedua roda dan kockpit.

(kpl/tr/abe)

© PT Topindo Atlas Asia 2024