Sabtu, 23 Februari 2013

Harga lebih murah Toyota 86 ungguli kembarannya

Angka penjualan sedan sport kembar Toyota 86 dan Subaru BRZ menunjukkan perbedaan yang signifikan. Toyota 86 sudah terjual 65 unit seperti dalam data Gaikindo untuk wholesales di Januari 2013 ini.

Sementara itu, Subaru BRZ 2.0 sudah terjual 7 unit. Angka itu terbagi pada tipe AT yang sudah terjual 6 unit dan untuk tipe transmisi manual sebanyak 1 unit.

Tak bisa ditampik bahwa hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Dua di antaranya adalah persoalan lamanya pesanan dan harga yang cukup berbeda walau tak jauh.

Toyota 86 manual, sebagai contoh, dijual dengan harga Rp 600 juta, Toyota 86 otomatis Rp 610 juta, Toyota 86 otomatis Aeropackage Rp 623 juta dan Toyota 86 otomatis TRD Aeropackage Rp 636 juta.

Sementara itu, Subaru BRZ tipe transmisi otomatis sendiri dilepas dengan harga Rp 628 juta, sedangkan tipe manualnya Rp 668 juta.

Beda tampang

Toyota 86 sendiri memang memanfaatkan mesin pengembangan Subaru. Perbedaan harga sekian puluh juta sendiri cukup sulit jika dilihat dari fisik. Namun itu akan terlihat nyata jika dibandingkan berdekatan.

Perbedaan utama ada pada lencana, lampu, bumper depan, roda dan suspensi. Lampu sein untuk BRZ lebih menjorok ke dalam, sementara di Toyota 86 lebih keluar mendekati sudut bumper.

Bumper depan BRZ sendiri dinilai memiliki penampilan yang lebih konservatif ketimbang Toyota 86, yang sedikit lebih agresif dan aerodinamis. Adapun suspensi membuat BRZ lebih tinggi 10 mm.

Pengiriman lama

Inden memang menjadi kendala bagi sejumlah produsen untuk memasarkan mobil-mobilnya. Tak ketinggalan, hal ini pun dialami Subaru terhadap BRZ. Walau bersepupu, sedan dua pintu ini pernah punya inden sampai 6 bulan.

"Iya waktunya (lama), tapi kami usahakan secepat mungkin," ungkap Nasional Sales Manager PT TC Subaru selaku APM Subaru di Indonesia Bahyu Suryo Pranoto saat di IIMS lalu.

Baik Toyota 86 maupun BRZ menggunakan mesin Boxer 2.000 cc, 4-silinder, D-4S injeksi bertenaga 184 HP pada 7.000 rpm dengan torsi 205 Nm pada 6.600 rpm dan berpenggerak roda belakang.

(kpl/why/vin)

Rekomendasi untuk kamu: