Indonesia akan diserbu mobil diesel

Indonesia akan diserbu mobil diesel

Di Eropa, mesin diesel sudah menjadi tren. Indonesia sendiri masih menunggu mobil murah ramah lingkungan. Namun lambat laun, teknologi mobil diesel akan semakin berkembang seiring dengan makin ramah lingkungannya mesin berbahan bakar solar tersebut

"Memang banyak pertanyaan soal mendapatkan BBM jenis diesel kesulitan, dan itu menjadi tantangan kami. Karena apa? Karena kami paham bahwa teknologi kendaraan ke depan adalah diesel," ungkap Ketua Umum Gaikindo Sudirman MR.

Faktor hemat bahan bakar dan dukungan teknologi yang mumpuni dalam hal memangkas emisi CO2 menjadi lebih rendah dinilai menjadi faktor pendukung sekaligus menjadi alternatif di tengah masih kurang diminatinya mobil hibrida akibat harga dan faktor lainnya.

Namun perkembangan serupa kiranya belum akan terasa di Indonesia. Pertumbuhan Diesel di Indonesia belum signifikan. Di Indonesia, seperti pernah disampaikan pihak Gaikindo, bensin masih menguasai 76 persen dan diesel 24 persen. Kualitas bahan bakar diesel di Indonesia pun pertumbuhannya belum signifikan.

Meski demikian, tanda bahwa diesel masih dan kian menjadi favorit terasa saat Chevrolet coba menawarkan tipe diesel pada MPV low barunya, yakni Spin. Ini terbukti dari kecenderungan konsumen yang bahkan setengahnya sudah mengajukan pemesanan untuk mobil keluarga tipe peminum solar tersebut.

"Pemesanan sudah dibuka. Tipe diesel paling besar, proporsinya sekitar 50 persen," ujar sumber yang mengetahui hal ini di masa awal pemberian booking fee atau uang tanda jadi untuk memesan Chevrolet Spin.

Selama ini memang belum ada pilihan diesel di kelas low-MPV. Pihak General Motors yang menaungi Chevrolet pun mengakui bahwa mereka ingin menjadi semacam trensetter.

Chevrolet Spin

Mesin diesel tersebut memanfaatkan 4-silinder commonrail dengan turbo yang sanggup menyemburkan tenaga maksimal 75 PS @4.000 rpm dengan torsi 190 Nm pada 1.750-8.000 rpm.

Chevrolet Spin hanya akan menerapkan tipe diesel pada model 1.300 cc. Tipe yang berkode lengkap Chevrolet Spin 1.3 LTZ M/T itu dipasarkan dengan harga Rp 189.700.000. Sementara itu, Chevrolet Spin 1.5 LTZ A/T yang notabene bertransmisi matik dilepas Rp 178.700.000.(kpl/)

© PT Topindo Atlas Asia 2024