Inilah SUV Datsun mendatang

Inilah SUV Datsun mendatang

Setelah mengumumkan produksi Datsun GO mulai dilakukan di pabrik Oragadam, dekat Chennai, India, Nissan kembali menyibak Datsun GO konsep berikutnya pada gelaran Delhi Auto Expo 2014 yang ke-12. Mobil konsep tersebut dinamakan Datsun redi-GO Concept.

Datsun redi-GO Concept dikabarkan merupakan model berikutnya setelah hatchback dan MPV, GO dan GO+. Selain India kemungkinan besar, jika diproduksi, varian tersebut juga akan menyapa pasar Indonesia. Sayangnya, SUV ini bukan masuk kategori mobil murah.

Nama Datsun redi-GO Concept sendiri merefleksikan karakternya, yaitu siap mendukung konsumen potensialnya untuk menjelajahi hari baru, merangkul tantangan baru dan membangun masa depannya. Mobil ini juga mengekspresikan semangat 'ready to go' sebelum para konsumen mulai menjalankan hari mereka.

Datsun redi-GO

"Meskipun Datsun redi-GO Concept hanyalah sebuah konsep, mobil itu jelas menunjukkan cara berpikir kita. Gayanya memang ambisius, tapi dengan mengusung brand Datsun, desainnya menjadi sangat masuk akal," tandas Shiro Nakamura, SVP dan Chief Creative Officer Nissan Motor Co., Ltd.

Dengan menggabungkan kepraktisan hatchback lima-pintu dan keagresifan SUV, Datsun redi-GO Concept menampilkan small crossover yang potensial untuk pasar India.

"Ketika sedang menciptakan redi-GO Concept, kami memikirkan beberapa kata kunci. Kami ingin desain yang modern dan solid, pada di saat bersamaan terlihat kontemporer dan kokoh. Kami merasa telah berhasil menggabungkan semua kontradiksi tersebut dalam konsep ini," jelas Koji Nagano, Executive Design Director Nissan Motor Co., Ltd, yang memimpin proyek desain Datsun tersebut.

Datsun redi-GO

Dengan dimensinya yang pendek dan bodi tinggi bergaya crossover, konsep compact ini memiliki dua garis dinamis yang melintang dari depan ke belakang sehingga menciptakan tampilan solid dan garang di sisi mobil sekaligus menegaskan kelincahan dan kekokohannya.

Headlight modernnya yang tipis terlihat unik, dan lampu LED belakang memancarkan cahaya istimewa yang memberikan tampilan tersendiri pada Datsun redi-GO Concept saat sedang bergerak. Sedangkan lampu kabut LED menyatu dengan bumper depan.

Desain bodi yang dinamis, garis bahu yang kuat, bentuk jendela samping dan bingkai grille yang mengalir di sekeliling area tengah, menggaungkan gaya – bernama 'D-cut grille' – yang akan digunakan pada seluruh model Datsun.

Bumper depan dan belakang yang menyatu dengan bodi menegaskan desain kokoh Datsun redi-GO Concept. Kesan tersebut semakin kuat berkat rumah roda besar yang dihuni oleh velg alloy krom gelap 15-inchi.

Datsun redi-GO

Warna lime green pada bodi merefleksikan kesegaran, aktif dan agresif. Warna tersebut terlihat kontras dengan sentuhan warna doff aluminium pada spion, rumah roda, dan bumper yang semakin meneguhkan aspek konsep crossover-nya.

Atapnya yang berwarna hitam dengan pola mozaik membuka peluang personalisasi di masa depan, dan memberikan kesan kalau kaca depannya memanjang sampai atas kabin dan berakhir di spoiler.

Dengan wheelbase sepanjang 2.350mm dan ground clearance tinggi, Datsun redi-GO Concept menawarkan ruang interior lega. Datsun redi-GO Concept merupakan partner sempurna untuk target konsumennya, risers yang memiliki gaya hidup aktif, bergaya, cerdas dan menyenangkan.

(kpl/nzr/sdi)

© PT Topindo Atlas Asia 2024