Komunitas motor Honda belajar teknik jurnalistik

Komunitas motor Honda belajar teknik jurnalistik

Dunia komunitas sepeda motor kerap mewujudkan eksistensi di dunia maya, baik lewat tulisan soal sepeda motor atau mengenai kegiatan mereka. Tidak sedikit diantaranya yang mencoba membangun hubungan dengan kalangan media dan wartawan, seperti mengirimkan informasi atau press release tentang kegiatan yang mereka lakukan.

Namun, acapkali mereka tidak memahami teknis penulisan yang benar dan baik, serta penggalian informasi, termasuk membina hubungan yang baik dengan pers.

Memahami akan kebutuhan bikers yang ingin eksis melalui media, belum lama ini PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer Honda untuk wilayah Jakarta-Tangerang menggelar acara pelatihan jurnalis untuk para komunitas Honda di Jakarta dan Tangerang Asosisasi Honda Jakarta (AHJ), serta Asosiasi Honda Motor Tangerang (AHMT).

Sebanyak 20 peserta yang berasal dari AHJ dan AHMT mendapat pelatihan jurnalis yang disampaikan oleh Amir Hamzah, yang juga salah satu jurnalis di salah media otomotif. Materi yang diberikan meliputi cara menulis yang baik dan benar.

Bikers AHJ dan AHMT diajak untuk sharing seputar ilmu jurnalistik. Pembahasan meliputi apa itu jurnalistik, ruang lingkup pekerjaannya, serta penjelasan teknis pembuatan berita yang berpedoman pada 5W+1H.

Terakhir, peserta diajak untuk membuat berita stright news. Selain mendapatkan materi menulis, para peserta juga mendapatkan pelajaran bagaimana teknik foto yang baik untuk foto berita.

"Acara ini kami berikan bagi komunitas, supaya mereka bisa membuat artikel bagi komunitasnya. Selain itu juga supaya hobi mereka dapat tersalurkan secara positif ,"tandas Wiyarto Mulyono (Sakti) Corporate Comunication Head WMS.

pelatihan jurnalistik otomotif

(kpl/nzr/rd)

© PT Topindo Atlas Asia 2024