Jumat, 19 April 2013

Malaysia jual 16.000 'Daihatsu' tiap bulan

Malaysia sebagai negara tetangga Indonesia juga menjual produk Daihatsu dan sebagai salah satu yang terbesar di negerinya selain mobil dalam negeri, Proton. Angka penjualannya pun disebut bersaing dengan Indonesia.

"Di Malaysia nomor satu tidak pakai brand Daihatsu, tetapi Perodua, 15.000-16.000 unit sebulan," tutur Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor.

Perodua yang merupakan singkatan dari Perusahaan Otomobil Kedua Sendirian Berhad memang mengandalkan komponen Daihatsu dalam mobil produksinya. Mereka tidak merancang atau merekayasa komponen utama seperti mesin dan transmisi di dalam negeri Produk-produknya pun serupa dengan yang dipasarkan di Indonesia.

Ada Kancil dan versi faceliftnya yang jika di Indonesia dipasarkan dengan nama Ceria. Lalu ada Rusa, produk MPV yang dipasarkan di Indonesia dengan nama Espass. Lainnya adalah Nautica yang serupa Terios dan Rush, lalu produk terlaris city car bernama MyVi yang di Indonesia bernama Sirion.

Perodua sendiri merupakan produsen mobil terbesar kedua di Malaysia setelah Proton. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1992 dan meluncurkan mobil pertama mereka, Perodua Kancil, pada Agustus 1994.

(kpl/why/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters