Nissan Evalia St tak dipasangi rem ABS

Nissan Evalia St tak dipasangi rem ABS

Dengan perbedaan harga Rp 20 juta - Rp 30 juta, Nissan Evalia St yang dipasarkan pada angka Rp 155 juta tidak memiliki beberapa fitur seperti saudaranya yang diluncurkan bersamaan. Nissan Evalia SV transmisi matik dan transmisi manual memiliki sistem rem ABS sedang versi St tidak ada.

Dalam brosur diterangkan bahwa varian mobil keluarga berpostur boxy ini berbeda sendiri dalam kelengkapan rem ABS (antilock braking system). Kemudian juga diimbangi dengan kehadiran BA (brake assist) dan EBD (electronic brake force distribution).

Sistem ABS bekerja secara bertahap ketika rem bertemu piringan atau cakram rem. Tidak seperti rem standar yang tanpa variabel, sentuhan antara cakram dan rem berlangsung setahap demi setahap sampai akhirnya mengunci di titik pengereman yang diinginkan. Kelajuan mobil dapat dihentikan dalam waktu singkat tanpa membuat mobil tergelincir alias selip.

Sementara itu, BA menjadi sistem yang berfungsi meningkatkan tenaga atau tekanan. Hal ini terjadi ketika pengereman dilakukan dalam keadaan panik saat mendadak, misalnya pada kondisi darurat.

Adapun EBD seperti juga namanya merupakan sistem yang berfungsikan mendistribusikan tenaga pengereman sehingga tekanan pada pengereman bervariasi di tiap-tiap roda. Variasi ini sendiri tergantung pada kondisi jalan, beban, hingga kecepatan kendaraan.

Untuk varian lainnya, Nissan sudah menyematkan ABS + BA + EBD ini, termasuk pada Nissan Evalia SV. Evalia SV transmisi manual dan otomatis masing-masing dengan harga Rp 172 juta dan Rp 182 juta.

(kpl/why/vin)

© PT Topindo Atlas Asia 2024