Orang Jepang suka yang kecil-kecil

Orang Jepang suka yang kecil-kecil

Pandangan Daihatsu terhadap pasar mobil di Indonesia tidak terlepas dari studi mendasar, termasuk dalam hal kultur. Jika pasar Indonesia lebih dekat ke mobil 7-penumpang, maka pasar Jepang lebih suka yang kecil.

Patokan ini pula yang membuat Daihatsu tidak ambil keputusan untuk memasarkan semua model mereka yang ada di Jepang atau setidaknya dihadirkan sebagai pilihan lain.

"Mobil-mobil Daihatsu di Jepang khusus pasar Jepang yang tidak suka seperti di Indonesia yang suka ngumpul-ngumpul," nilai Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Daihatsu Cuore

Pihaknya sepakat dengan data yang unik bahwa secara kultur, orang Jepang di masa sekarang lebih banyak banyak orang tua dibanding mereka yang muda karena cenderung enggan memiliki keturunan.

"Ini menurut data, koreksi kalau salah, mereka di sana itu sudah jarang sekali mau punya anak. Antara orang mudah dan orang tua, banyakan orang tua. Kalau nikah, nikmatin berdua aja. Tidak mau repot punya anak," tambahnya.

"Hasilnya, mobil pun di sana bukan lagi menjadi pilihan utama. Mereka lebih suka, kalau ada yang mobil kecil aja. Berbeda dengan Indonesia," sambung Amelia.

Sebagai gambaran, penjualan mobil di Indonesia pada 2012 mencapai 1.116.230 unit atau naik 24,8 persen dibandingkan penjualan pada tahun 2011 sebesar 894.164 unit. Sebagian besar adalah mobil penumpang atau berkapasitas 7-penumpang.

Daihatsu Mira

Artikel Terkait

[VIDEO] Mobil Murah Daihatsu Move Diluncurkan!

Daihatsu Tawarkan Angsuran Rp 1 Jutaan

Agya-Ayla Beda Rp 5 Juta karena Fitur Keselamatan

Inilah 7 Aspek Kepuasan Pelanggan Daihatsu

Suzuki Hentikan Penjualan Karimun Estilo

(kpl/why/abe)

© PT Topindo Atlas Asia 2024