Project 'Bobcat' jadi awal kelahiran Ford Fiesta

Project 'Bobcat' jadi awal kelahiran Ford Fiesta

Nama Ford Fiesta hingga saat ini dikenal luas, baik oleh masyarakat Indonesia maupun masyarakat global, sebagai salah satu city car hasil kreasi Ford yang paling populer. Bukan sekadar karena desainnya yang mempesona, tapi juga berkat performa dan teknologi-teknologi canggih yang dimilikinya.

Produsen mobil asal Amerika ini sendiri mulai mengembangkan Ford Fiesta pada tahun 1972. Kala itu, Henry Ford II, CEO Ford Motor Company saat itu, memberikan persetujuan pelaksanaan project 'Bobcat' yang berencana untuk mengembangkan sebuah mobil baru. Mobil tersebut dirancang dengan wheelbase lebih panjang dari Fiat 127 namun ukuran yang lebih kecil ketimbang Ford Escort.

Ford Fiesta Mark 1 front view

Mendapat lampu hijau dari sang direktur, produksi Ford Fiesta pertama mulai berjalan di bulan September 1973. Nama 'Fiesta' yang awalnya merupakan kepunyaan General Motor yang lalu dihadiahkan kepada Ford untuk dipakai sebagai label city car yang baru mereka hasilkan.

Layaknya kehadiran mobil baru saat ini, seraya kehadiran Ford Fiesta pertama kali di dunia itu pun muncul pula berbagai macam spekulasi dan gambar-gambar teaser hingga akhir tahun 1975. Baru di ajang Le Mans 24 Hour Race bulan Juli 1976 generasi pertama Ford Fiesta, disebut juga Ford Fiesta Mark1 (MK1) muncul secara resmi di hadapan publik.

Ford Fiesta Mark 1 rear view

Ford Fiesta MK1 lalu dipasarkan pertama kali di Eropa, khususnya wilayah Perancis dan Jerman, pada bulan September 1976. Sementara konsumen Inggris baru dapat menikmati versi right hand drive mobil ini pada bulan Januari 1977.

(kpl/sno)

© PT Topindo Atlas Asia 2024