Rantai tak terawat? sisa gawat!

Rantai tak terawat? sisa gawat!

Otosia.com -

Rantai bagi sepeda motor berfungsi sebagai penerus tenaga dari mesin ke roda belakang. Nah, karena fungsinya sangat vital, perangkat ini tentu saja butuh perawatan khusus.

Memang tak terlalu komplikatif untuk memeliharanya. Namun bila parts ini tak diperhatikan, tentu saja akan mendatangkan sebuah kesulitan besar di kemudian hari.

Sejatinya, rantai memang bukan parts fast moving yang harus diganti dalam kurun waktu cepat. Karena bahan dasarnya besi, jadi suku cadang ini relatif awet. Namun untuk menjaganya agar bekerja maksimal, beberapa langkah penting perlu diperhatikan agar kondisinya tetap prima.

Demi keamanan berkendara, periksalah selalu kondisi dan setelan rantai sebelum memakai sepeda motor. Pada pelaksanaan pemeriksaan berkala, pada tiap 1.000 km, periksalah kondisi kemungkinan kerusakan rantai berikut ini :

  1. Periksa apakah pin rantai mulai kendur atau terlepas?
  2. Cek apakah mata rantai rusak, macet atau goyang?
  3. Apakah sudah melampaui batas pemakaian atau aus?
  4. Periksa juga ketepatan setelan rantai? Biasanya jarak main setelan berkisar antara 5-25 mm.

Jika tidak mendapat perawatan secara maksimal, rantai dan gear akan mengalami karat dan aus. Sehingga membuat rantai akan putus dan bisa berakibat fatal.

Nah, kini perawatan rantai Anda akan semakin maksimal, dengan TOP 1 Synthetic Chain Wax. Ini merupakan merupakan pelumas rantai berbahan 'wax' yang dirancang khusus dengan formulasi Nano-Silicon Technology.

Dengan adanya kandungan tersebut maka dapat melindungi rantai dan gear motor dari gesekan, air, dan karat. Dengan perlindungan lapisan film anti-wear pada rantai maka akan memperpanjang umur pemakaian rantai motor hingga 50 persen.

(kpl/tr/vin)

© PT Topindo Atlas Asia 2024