Senjata baru polisi untuk hentikan mobil kriminal!

Senjata baru polisi untuk hentikan mobil kriminal!

Menghindari kejaran mobil polisi mungkin para pembalap jalanan liar dan kriminal memiliki trik-trik sendiri. Namun pihak kepolisian mempunyai senjata baru yang sangat ampuh menghentikan mobil hingga berbobot 2,7 ton.

Tapi tampaknya perangkap baru buatan Pit Bull, perusahaan Pacific Scientific di Arizona, Amerika ini mungkin tidak akan dijumpai di Indonesia. Mungkin di Indonesia juga memerlukan perlengkapan minimal seperti spike strips atau ranjau paku untuk hentikan mobil tersangka kejahatan.

Dan teknologi terbaru yang akan dipergunakan kepolisian Amerika nanti merupakan gabungan spike strips dengan sebuah jaring. Dengan perangkap ini ban mobil akan tertusuk paku yang sudah dikaitkan dengan jaring. Sehingga ban depan mobil akan terkunci karena terjerat jaring.

Meski demikian perangkap ini dikatakan masih sebatas kendaraan dengan bobot maksimal 2,7 ton. Selain itu perangkap ini juga akan sangat efektif apabila kecepatan maksimal kendaraan 64 km/h. Kekurangan lainnya datang dari harga teknologi jebakan ini yang mencapai US$29.000 atau sekitar Rp 281 jutaan. Sedang untuk net kitnya saja dibanderol US$3.000 atau Rp 29 jutaan.

(kpl/vin)

© PT Topindo Atlas Asia 2024