Shorai Power, aki canggih buat motor besar

Shorai Power, aki canggih buat motor besar

DuniaMoge memperkenalkan baterai Shorai Power berteknologi tinggi untuk motor besar. Aki asal Amerika Serikat (AS) ini merupakan baterai ultra ringan, bobotnya hanya seperlima dari baterai umum lead-acid.

"Aki baru ini menggunakan bahan lithium, yang biasa digunakan pada gadget atau handphone, sehingga lebih ringan, tidak mengandung asam sulfat, gel, dan juga bukan seperti model aki kering biasa," ujar Andy, dari Dunia Moge saat pengenalan produk tersebut di Jakarta, Selasa (15/1). DuniaMoge sendiri bertindak selaku distributor Shorai Power di Indonesia.

"Ini merupakan aki generasi baru yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia, dipakai di superbike dan rally Dakar," tambahnya.

Dengan pemakaian aki Shorai Mesin menyala lebih mudah dan cepat ketika di starter dan lebih minim perawatan. Lebih ramah lingkungan, karena tidak menggunakan cairan acid, zero sulfation. "Saya aplikasikan di Ninja ZX-6R saya, hasilnya begitu distarter langsung nyala," jelas Andy.

Selain moge, aki ini sangat cocok digunakan untuk Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR 250. Daya tahan baterai Shorai Power juga lebih lama, bahkan didiamkan di dalam motor selama setahun tanpa unloaded charge. Takkan ada kemungkinan meledak mengeluarkan gas ketika melakukan pengisian ulang listrik, karena tidak ada cairan.

Sorai Power

"Kalau di Amerika mereka klaim lifetime-nya bisa sampai 10 tahun, tapi ini kan Indonesia Situasinya dan pemakaiannya berbeda. Melihat kondisi dan karakter pengguna motor di Indonesia lifetime-nya di sini saya kira 5 tahun. Kami juga beri garansi 6 bulan," terang Andy.

Shorai Power menggunakan material lithium iron (eXtreme-Rate Lithium Iron prismatic cells - LiFePO4). Sehingga bobotnya bisa lebih ringan berbanding baterai pada umumnya yang memakai cairan. Kemasannya juga sangat spesial karena bermaterial carbon composite spesifikasi militer.

Teknologi termutakhir baterai Shorai Power ini adalah terdapat memori yang bisa diakses USB port. Digunakan untuk menganalisa apabila baterai mengalami masalah. Semuanya terekam, bahkan bila mengalami/disengaja short cut (korsleting).

DuniaMoge menyediakan baterai Shorai Power untuk berbagai jenis motor bahkan hingga sportbikes. Shorai Power hingga kini sudah terbukti di berbagai cabang motorsport mulai dari motocross, superbike hingga dragbike. Beberapa tim dragbike nasional sudah menggunakan Shorai Power. Dipilih karena keunggulan bobot ultra ringan dan performa baterai.

Bahkan daya tahan yang dimiliki Shorai Power bisa diaplikasi pada motor kontes modifikasi. Karena tidak menggunakan cairan, para modifikator bisa meletakkannya di berbagai posisi.

Dimensi casing baterai Shorai Power terdapat enam pilihan. Dimensi paling kecil adalah dengan panjang 113 mm, lebar 56 mm dan tinggi hanya 80 mm, dengan bobot ultra ringan adalah 0,483 kg. Sementara, bobot paling berat untuk baterai Shorai Power hanya 2,19 kg. Untuk arus 9 Amphere (A) dijual Rp. 1,450 juta, 14 A dilabeli harga Rp. 2,2 juta dan 18 A dijual Rp. 2,5 juta.

(kpl/nzr/bun)

© PT Topindo Atlas Asia 2024