Siasati kondisi jalan saat banjir

Siasati kondisi jalan saat banjir

Otosia.com -

Musim penghujan sudah mulai terasa sejak awal November lalu. Intesitas akan semakin tinggi hingga awal tahun 2013 nanti. Selama musim penghujan ini, ruas jalan di Ibukota selalu tergenang air. Bahkan dari batas air rendah hingga setinggi betis.

Dengan adanya genangan air, otomatis perjalanan jadi terganggu. Kemacetan pun terjadi di seputar yang ada genangan air atau banjir tersebut. Ada yang harus dipahami jika kendaraan yang dikemudikan melewati genangan air bahkan banjir sekalipun. Tak perlu panik!

Karena sedang musim hujan, alangkah baiknya jika memeriksa semua kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Bagi pemilik sepeda motor, jika memang motor sudah mengalami perubahan atau modifikasi, usahakan dikembalikan seperti semula atau standar.

Baik pengendara mobil ataupun sepeda motor, jika hendak melewati banjir atau genangan air, disarankan untuk mengambil jalan yang genangan airnya lebih rendah. Jangan memaksakan atau menerobos melewati genangan air yang tinggi. Usahakan cari jalan alternatif untuk mencapai tujuan.

Bagi pemotor, pertahankan gas atau RPM agar bisa melaju melewati genangan air. Hindari genangan air yang tinggi agar air tidak masuk ke saringan udara atau sampai merendam mesin dan busi. Jika hal ini terjadi, maka motor akan mati dan mogok.

(kpl/tr/vin)

© PT Topindo Atlas Asia 2024