Teknologi, lampu mobil hilangkan rintik hujan

Teknologi, lampu mobil hilangkan rintik hujan

Ketika perusahaan komputer terlibat otomotif, inovasi baru itu pun muncul. Intel berhasil mengembangkan lampu mobil yang mampu menghilangkan rintik-rintik hujan dari pandangan pengemudi. Perusahaan perangkat keras komputer ini membuat inovasi baru pada bola lampu mobil dengan Carnegie Mellon University.

Meski sudah sering inovasi pada perangkat depan mobil ini dilakukan, Namun intel mengambil arah berbeda dalam inovasinya, bukan hanya sekedar teknologi pencahayaan semata. Sistem lampu menggunakan kamera yang ditempatkan di rumah lampu untuk mendeteksi hujan, tidak hanya air, tetapi juga salju dan hujan es. Kemudian sistemnya menggunakan prosesor untuk mengantisipasi pola rintik hujan.

Kemudian, cahaya lampunya diproyeksikan lewat proyektor yang menerima informasi dari prosesor untuk memblokir piksel dari rintik-rintik hujan. Kemudian cahaya lampu tersebut akan menghilangkan rintik-rintik hujan dari pandangan pengendara mobil, dikutip Autoblog, Selasa (30/04).

Teknologi ini sangat membantu meningkatkan visibilitas pengendara, sebab semakin minim cahaya yang dipantulkan ke pengendara dari rintik hujan. Intel mengharapkan teknologi ini dapat diproduksi pada 10 tahun ke depan.

(kpl/)

© PT Topindo Atlas Asia 2024