Tips mengendarai SUV di jalan licin

Tips mengendarai SUV di jalan licin

Otosia.com -

Saat hujan deras mengguyur jalanan, perasaan cemas sering muncul dalam benak pengemudi. Jarak pandang yang terbatas dan jalanan licin membuat kita semakin berhati-hati. Perlu ketenangan untuk bisa melewati kondisi seperti ini. Ketenangan bisa tertanam apabila kita telah mempersiapkan diri dan mengetahui karakter kendaraan sejak awal.

Kendaraan jenis SUV memiliki ground clearance yang tinggi, berdimensi besar dan cenderung understeer dibanding oversteer. Kendaraan SUV terbagi lagi berdasarkan sistem penggeraknya, yakni dua roda (4x2) dan penggerak empat roda (4x4). Kali ini dibahas terlebih dahulu tips mengemudi SUV penggerak dua roda (4x2) di saat hujan.

Gejala understeer dan oversteer pada SUV sangat terasa ketika sedang menikung.Meski didukung permukaan ban yang lebar, gejala seperti ini tak terhindarkan. Dimensi dan bobot SUV yang lebih besar dan berat menjadi salah satu penyebabnya. Disini peran suspensi dan ban menjadi sangat penting untuk kestabilan mobil.

Mobil Terendam Banjir

Pada SUV penggerak roda depan, lakukan pengereman secukupnya saat menikung, bantu dengan engine brake. Ketika laju kendaraan dikurangi sesaat, berat kendaraan akan berpindah ke depan, otomatis ban bagian depan semakin melekat di aspal dan kendaraan semakin stabil. Lakukan pengereman atau perpindahan gear secara halus. Lakukan hal yang sama terhadap SUV penggerak roda belakang. Lakukan pengereman dan engine brake ketika menikung.

Ketika melintasi genangan air usahakan keempat ban itu tergenang, agar tidak terjadi slip. Lepasnya ikatan antara ban dan permukaan aspal bisa menyebabkan mobil kehilangan traksi. Pada kecepatan tertentu mobil bisa berputar hingga 180 derajat.

Perhitungkan pula batas ketinggian air, meski ber-ground clearance tinggi,. Saat melalui genangan air yang tinggi, kurangi kecepatan dengan pindah ke gear yang lebih rendah. Usahakan putaran mesin selalu berada antara 2.000-3.000 rpm, agar tetap mendapat traksi.

(kpl/tr/abe)

© PT Topindo Atlas Asia 2024